Kompas TV regional kesehatan

Ini Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 19:44 WIB
ini-kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-pisang
Ilustrasi pisang (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Selain enak, buah pisang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi buah pisang dapat membantu menyehatkan pencernaan, jantung, serta membantu penurunan berat badan.

Pisang merupakan buah yang cukup populer di dunia. Tanaman pisang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara.

Lalu, apa sajakah manfaat pisang? Berikut kandungan gizi dan manfaat buah pisang sebagaimana disarikan Healthline.

1. Pisang kaya berbagai nutrisi

Pisang mengandung serat dan sejumlah antioksidan. Beberapa kandungan pisang antara lain magnesium, vitamin B6, vitamin C, potasium, zat tembaga, mangan, serta karbohidrat bersih.

Pisang hanya mengandung sedikit lemak dan protein, nyaris seluruhnya terdiri dari air dan karbohidrat. Satu buah pisang berukuran sedang kira-kira mengandung sekitar 105 kalori.

Baca Juga: Bukan Hanya Kuliner, Ini 10 Manfaat Daun Pisang untuk Pengobatan

2. Pisang menjaga tingkat gula darah

Pisang dapat membantu menjaga tingkat gula darah dalam tubuh. Ini karena pisang mengandung jenis serat bernama pectin dan zat yang menjaga tingkat gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan cara memperlambat pengosongan perut.

3. Pisang membantu kesehatan pencernaan

Pisang mengandung cukup serat yang baik bagi kesehatan pencernaan. Nutrisi dalam pisang juga membantu perkembangbiakan bakteri baik dalam usus. Buah ini pun dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

4. Pisang bisa membantu diet.

Pisang tidak secara langsung memengaruhi penurunan berat badan. Namun, pisang merupakan makanan yang bisa membantu Anda berdiet. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x