Kompas TV regional berita daerah

378 Tablet Komputer Bantuan Kemdikbud di SMKN 5 Jember Hilang Dicuri

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 09:27 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan tablet komputer bantuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMKN 5 Jember Jawa Timur hilang dicuri. Dari hasil penyelidikan, pelaku adalah pegawai honorer di bagian administrasi sekolah tersebut.

378 unit tablet komputer milik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kabupaten Jember raib dicuri. Pelakunya adalah Bagus Bayu Harahap, yang merupakan pegawai honorer di SMKN 5 Jember.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Aksi Pencurian Meningkat, Warga Diminta Waspada

Ia tertunduk malu dan menangis saat diperiksa penyidik di Polsek Sukorambi. Di hadapan petugas, Ia mengaku nekat mencuri 100 unit tablet komputer sejak 4 bulan terakhir, karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Kapolsek Sukorambi, Akp Sigit Budiono mengatakan bahwa dalam aksinya, pelaku memanfaatkan wewenangnya sebagai petugas administrasi, yang memegang kunci ruangan tempat penyimpanan tablet komputer. Sehingga pelaku leluasa mengambil tablet komputer tersebut tanpa diketahui siapapun.

Baca Juga: Gelandangan Jadi Korban Pencurian, 600 Ribu Raib

Kasus pencurian itu terungkap setelah polisi memeriksa sejumlah saksi, termasuk pemilik toko, yang membeli tablet komputer dari tersangka. Namun di toko itu, polisi hanya menyita 23 unit tablet komputer dan satu buah tas sebagai sarana kejahatan.

Polisi terus mengembangkan kasus ini, karena terdapat perbedaan jumlah dalam laporan kehilangan dan pengakuan tersangka. Polisi menduga ada pelaku lain, yang juga terlibat dalam kasus pencurian tablet komputer tersebut.

Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

 

#pencurian #tabletkomputer #smkn5jember #kemdikbud #pegawaihonorer




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x