Kompas TV regional berita daerah

Rokok Polos Marak, Petugas Razia Toko Kelontong

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 11:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS.TV - Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Yogyakarta bersama Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar razia hasil tembakau ilegal. Hasilnya, petugas menyita puluhan dus rokok polos tanpa pitai cukai yang diperdagangkan di sejumlah toko kelontong.

Petugas mendatangi satu demi satu toko kelontong dan langsung memeriksa pita cukai pada rokok yang terpajang di etalase. Hasilnya, petugas menemukan puluhan dus rokok polos tanpa pita cukai. Rokok polos ini pun langsung disita petugas.

Selain menyita rokok polos, pemilik toko juga diminta menandatangani perjanjian tidak akan memperdagangkan barang ilegal lagi. Petugas pun berjanji akan mengejar para distributor rokok polos, karena dianggap telah merugikan negara dengan menjual barang ilegal.

"Kita memeriksa beberapa warung, kemudian kita temukan ada rokok polos tanpa dilengkapi pita cukai. Rokok tersebut kita lakukan pemeriksaan kemudian kita terbitkan bukti penindakan, kita tarik barangnya, nanti kita proses lagi lebih lanjut untuk pengembangan siapa yang melakukan kegiatan penjualan tersebut. Karena tadi dari pihak warung cuma sekedar dititipi pihak salesnya," kata Yusron Asrofi, Pemeriksa Bea dan Cukai KPPBC Tipe Madya Pabean B Yogyakarta.

Tidak hanya menyasar rokok polos tanpa pita cukai, razia ini juga menyasar sejumlah lapak yang menjual tembakau kiloan dan rokok elektrik. Razia ini digelar untuk pengendalian atas barang kena cukai, sekaligus sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait ketentuan di bidang cukai hasil tembakau.

"Sasaran dari kegiatan ini adalah distributor, retail, toko-toko kelontong. Indikator dari kegiatan ini yang pertama adalah tanpa pita cukai, yang kedua pita cukai bekas, yang ketiga pita cukai palsu, yang keempat salah peruntukan, yang kelima salah personalisasi," ujar Citra Makia, Kasubag Perekonomian Pemkab Sleman.

Sejak pandemi Covid-19, peredaran rokok polos dan tembakau kiloan cukup marak dipasaran. Melemahnya perekonomian mayarakat menjadi salah satu penyebab merebaknya rokok polos dan tembakau kiloan.

#sleman #tembakau #barangilegal



Sumber : Kompas TV Jateng


BERITA LAINNYA


Close Ads x