Kompas TV regional berita daerah

Mengintip Produksi Coklat Di Rumah Coklat Bodag

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 23:10 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Desa penghasil kakao di Madiun, Jawa Timur, yang sebelumnya hanya menjual kakao mentah, kini berhasil memproduksi berbagai olahan coklat, seperti coklat batang, permen coklat, dan bubuk coklat untuk diseduh.

Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun merupakan salah satu penghasil kakao di Madiun. Kakao yang menjadi komoditas unggulan di desa ini biasanya dijual dalam bentuk mentah.

Melalui badan usaha milik desa, saat ini warga desa yang sebelumnya mendapat pelatihan mengolah kakao, dapat memproduksi berbagai olahan coklat, yang dipusatkan di rumah coklat bodag.

Cokelat yang diproduksi adalah biji kakao kering yang sudah di fermentasi, kemudian biji kakao di sangrai dalam suhu seratus derajat celcius dalam waktu satu jam. Lalu dipisahkan kulit ari dan biji kakao, selanjutnya digiling hingga menjadi pasta cokelat. Pasta cokelat pun siap untuk diolah menjadi berbagai olahan cokelat, seperti coklat batang, permen, dan bubuk coklat.

Rumah cokelat yang dirintis pada tahun 2020 ini, kini menjadi jujugan penikmat coklat dari beebagai daerah, untuk menikmati coklat dengan panorama pegunungan Wilis.

Olahan coklat ini dibandrol mulai harga 15 ribu rupiah perbatang.

#beritamadiun
#kakao
#olahancoklat
#rumahcoklat
#coklat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x