Kompas TV regional berita daerah

Kiprah Seniman Indonesia di Kancah Internasional

Kompas.tv - 5 November 2021, 13:20 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. Seniman patung nyoman nuarta dianugerahi ksatria seni dari Pemrintah prancis.

Sebuah penghargaan bergengsi di bidang seni dan sastra yang selama ini diberikan oleh pemerintah prancis.

Penyematan medali sebagai tanda gelar kehormatan dari pemerintah prancis dilakukan di nuart sculpture park bandung jawa barat oleh duta besar prancis untuk indonesia olivier chambard sebagai utusan pemerintah prancis.

Gelar ksatria seni dan sastra  merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada para penggelut dunia artistik yang telah menunjukkan dedikasi, serta peran yang besar dalam pengembangan seni dan sastra terutama dalam hubungannya dengan negara prancis.

Empu dari patung garuda wisnu kencana ini  dinilaitelah memberikan kontribusi mempromosikan dan bekerja sama dengan para seniman prancis.

sementara itu pematung nyoman nuarta mengatakan gelar ksatria dalam ordo seni dan sastra yang ia terima adalah kehormatan bagi dirinya.

Karya-karya yang diciptakannya bersama tim di bengkel kerjanya di bandung diabdikan untuk menjalin kesederajatan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Karya monumental seperti garuda wisnu kencana di bukit ungasan jimbaran bali yang telah diresmikan presiden joko widodo tahun 2018. Dihadirkan sebagai karya artistik yang menggemakan pernyataan kepada dunia bahwa bangsa indonesia mampu berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Selama berada nuart sculpture park olivier dan rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi museum yang mengoleksi karya-karya nyoman nuarta sejak periode tahun 1970-an sampai hari ini.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

 Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x