Kompas TV regional peristiwa

Sidak Guru Tidak Bermasker Saat PTM, Gibran Perintahkan Dinkes Lakukan Tes Usap

Kompas.tv - 9 November 2021, 15:24 WIB
sidak-guru-tidak-bermasker-saat-ptm-gibran-perintahkan-dinkes-lakukan-tes-usap
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka perintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan tes usap terhadap guru yang tidak bermasker saat kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Nusukan Barat 113, Banjarsari, Solo.

Hal itu dilakukan Gibran seusai dirinya menemukan guru yang tidak bermasker saat melakukan sidak sebelum ke Balai Kota Solo.

"Kebetulan tadi saya lewat sana. Ben tadi di-swab dulu, semoga hasilnya negatif," kata Gibran seperti dilansir Antara, Selasa (9/11/2021).

Selain meminta tes usap, Gibran juga memarkirkan mobil dinasnya di halaman SDN Nusukan Barat 113 sebagai bentuk teguran dan bagian dari upaya pengawasan.

Baca Juga: Gibran Parkir Lagi Mobil Dinas di Halaman Sekolah, Kali Ini di SD Nusukan Barat 113 Solo, Ada Apa?

Terkait hal itu, putra sulung Presiden Joko Widodo ini menyayangkan sikap guru tersebut. Pasalnya, tidak bermasker merupakan tindakan berbahaya terutama di tengah pandemi Covid-19 yang belum hilang.

Selain itu juga, Gibran menilai bahwa sikap tidak mengenakan masker tersebut juga menjadi contoh buruk bagi siswa.

"Ini untuk perbaikan kita, yang penting sesuai SOP. Yang penting itu gurunya, kalau guru pakai masker muridnya juga pakai. Kalau gurunya nggak ngasih contoh, ya muridnya juga sak-sake," katanya.

Sementara itu, menurut Kepala SDN Nusukan Barat 113 Sri Suramtini menyatakan bahwa hasil dari ters usap yang dilakukan di sekolahnya negatif semua.

"Tadi saya pas rapat, hasilnya (tes usap) negatif semua," katanya.

Penting diketahui, Gibran Rakabuming Raka bukan pertama kalinya meninggalkan mobil dinas di suatu tempat karena ada pelanggaran yang terjadi.

Biasanya, Gibran akan otomatis meninggalkan mobil toyota putih berpelat nomor AD 1 A di tempat tersebut dengan waktu yang berbeda-beda.

Adapun tempat yang sempat disinggahi mobil dinas Gibran, yaitu depan kelurahan Gajahan, TPU Cemoro Kembar, depan SMK Batik 2 Solo, dan SD Nusukan Barat 113.

Baca Juga: Tak Hanya Sekali, Ini Empat Lokasi Gibran Tinggalkan Mobil Dinas untuk Awasi Pelanggaran




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x