Kompas TV regional berita daerah

Menjadi Pahlawan dengan Berdonor Darah

Kompas.tv - 10 November 2021, 13:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setetes darah anda, menyelamatkan orang lain, slogan ini bisa jadi tidak salah bagi mereka yang sangat membutuhkan bantuan donor darah. Ya, darah merupakan bagian yang vital bagi mahluk hidup. Karena pentingnya darah, maka dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November, Hotel Santika bekerjasama dengan PMI Kota Semarang menggadakan kegiatan donor darah.

Kegiatan yang diadakan Selasa (9/11/2021) ini, diikuti oleh karyawan Kompas Gramedia Group dan juga dibuka untuk umum, dengan target 100 pendonor atau 100 kantong darah. 

Dengan mengusung tema  Donor Darah Pahlawan Milenial, kegiatan ini diharapkan bisa membantu orang lain yang membutuhkan darah layaknya seorang pahlawan.

"Pahlawan kan berkorban demi bangsa negara, untuk zaman sekarang kan kita tidak berperang melawan penjajah. Tapi kita bisa menjadi seorang pahlawan dengan membantu mendonorkan darah, yang berarti kita memberikan darah kita membantu orang lain. Jadi kalo kami anggap, memberikan donor darah kepada orang lain bisa dikatakan sebagai seorang pahlawan," kata Agus Suyatna, GM Santika Premiere Semarang.

Tak semua calon pendonor bisa lolos, karena mengingat ketatnya proses skrining. Salah satu peserta donor mengaku rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan. Ia mengharapkan akan semakin banyak pendonor, sehingga memudahkan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.

"Kalo kita lihat ya, pasien-pasien itu banyak sekali yang membutuhkan darah, dan darah itu kalo sudah langka itu mahal. Misalnya darah itu banyak otomatis harganya akan lebih murah, itu akan meringankan mereka, jadi biaya tidak begitu mahal kalo darah itu suplainya banyak," ujar Retnanto Edi Sartono, pendonor darah.

Donor darah tak hanya kegiatan mulia untuk membantu sesama, namun juga memiliki manfaat bagi tubuh sang pendonor. Tubuh pendonor akan terasa lebih segar dan sehat, jika secara rutin melakukan donor darah.

#donordarah #haripahlawan #hotelsantika

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x