Kompas TV regional berita daerah

9 Kecamatan di Jember Rawan Bencana Alam, BPBD Petakan Jalur Evakuasi

Kompas.tv - 19 November 2021, 13:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - 24 Desa di 9 Kecamatan di Jember Jawa Timur ditetapkan dalam kawasan rawan terjadi bencana banjir dan longsor. Pihak BPBD setempat telah memetakan dan menyiapkan lokasi serta titik evakuasi untuk menghindari jatuhnya korban jiwa jika terjadi bencana.

9 kecamatan dari 31 kecamatan di Jember Jawa Timur masuk dalam kawasan rawan bencana alam berdasarkan hasil mitigasi dan prakiraan badan meteorologi, klimatologi dan geofisika atau BMKG Jawa Timur. Dalam 9 kecamatan itu terdapat 24 desa yang tersebar mulai dari Kecamatan Tanggul hingga Kecamatan Silo.

Baca Juga: Relawan Perbaiki Rumah Warga Rusak untuk Mengurangi Resiko Bencana

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jember, Mahmud Rizal mengatakan bahwa 9 kecamatan itu rawan bencana banjir, longsor dan gelombang tinggi. Pihaknya telah memetakan dan menyiapkan jalur serta titik evakuasi untuk menghindari korban jiwa maupun luka jika terjadi bencana.

Data dari BPBD Kabupaten Jember, kejadian bencana alam mulai dari Januari hingga pertengahan bulan November 2021 didominasi angin kencang atau puting beliung, banjir dan tanah longsor.

 

#JemberRawanBencana #BanjirBandang #TanahLongsor #KecamatanRawanBencana



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x