Kompas TV regional berita daerah

Libur Nataru, 15.900 Personel Siap Amankan Jateng

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 18:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru, Jawa Tengah mengerahkan 15.900 ratus personel, yang terlibat dalam pasukan Operasi Lilin Candi 2021 dan tersebar di seluruh wilayah di Jawa Tengah.

15.900 personel terdiri dari TNI-Polri dan Satpol PP kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah dan akan ditempatkan di sejumlah pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu. Pos tersebut berada di rest area jalan tol, gereja, pusat keramaian, perbatasan antarkota dalam kota hingga tempat wisata.

"Hampir 15.900 personil terdiri dari 259 ribu pos dibantu TNI 1.300 personil. Ini semua untuk memberikan pengamanan" ujar Irjen Pol Ahmad Lutfi, Kapolda Jawa Tengah. 

Gubernur Jawa Tengah yang menjadi inspektur upacara Operasi Lilin Candi 2021 menekankan kepada seluruh personel, untuk mewaspdai kedatangan para pemudik. Pasalnya, pemudik diprediksi akan mulai memasuki wilayah Jawa Tengah dengan adanya penurunan level PPKM.

"Mulai ada sedikit peningkatan, dan nanti kita akan melakuka pengecekan di tempat-tempat kedatangan. Pak Kapolda beserta seluruh jajarannya dibantu pak Pangdam sampai tingkat bawah akan bekerjasama dengan perangkat desa, RT, RW, agar yang datang bisa lapor, di wilayah itu kalo ada tamu kita akan beri stiker, sehingga nanti seandainya terjadi sesuatu dan kita lakukan tracing akan jauh lebih mudah" ujar Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. 

Diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik yang masuk ke wilayah Jawa Tengah. Bhabinkamtibmas akan diterjunkan untuk melakukan pendataan pemudik hingga tingkat RT. 

#operasililincandi #pemudik #nataldantahunbaru




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x