Kompas TV regional berita daerah

Posko Vaksin di Jalur Mudik

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 11:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tidak adanya penyekatan di jalur masuk ke wilayah Jawa Tengah, Polda Jateng telah menyiapkan beberapa pos pengamanan serta pos kesehatan di 20 rest area wilayah jalur tol Jawa Tengah. Selain melakukan upaya pemeberian fasilitas kesehatan, petugas juag menyiapkan vaksinasi gratis bagi pemudik yang belum melakukan vaksinasi.

Seperti di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, petugas telah menyiapkan pos pengamanan berikut dengan pos vaksinasi bagi  pemduik yang kedapatan belum melakukan vaksinasi sata di lakukan pengecekan oleh petugas.

Kepala Biro Operasi Polda Jateng Kombes Pol Firly Ruspang Samosir mengaku, pihaknya mendirikan 279 posko yang terdiri dari 27 pos terpadu, 65 pos pelayanan, serta 187 pos pengamanan yang disiagakan di ruas lajur tol serta lajur non tol.

"Gerai vaksin untuk antisipasi, manakala ada pemudik yang dari luar Jawa Tengah, kita akan lakukan random sampling. Dan kalo ternyata kita akan random, ada gerai vaksin itu dalam rangka yang belum memenuhi syarat, dalam hal ini mininal satu yang sudah divaksin atau sama sekali kita akan lalukan membantu untuk mevaksin. Setelah itu otomatis, sebelumnya pasti kita akan swab antigen," kata Kombes Pol Firly Ruspang Samosir.

Sementar itu, Direktur Jasa Marga Semarang Batang Prajudi mengaku, Gerbang Tol Kalikangkung Semarang sebelum pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru sudah ada peningkatan jumlah pemudik.  Jika pada hari biasa rata rata kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung sekitar 35 ribu dalam sehari,  namun selama empat hari terakhir tercatat mencapai 37 ribu hingga 52 ribu kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan pemudik pada saat mendektai libur Natal dan Tahun Baru pada hari Jumat beso, pihak Jasa Marga Semarang Batang akan membuka seluruh pintu masuk dari arah Jakarta menuju ke Semarang. Dan untuk dari arah Semarang menuju Jakarta, pihak jasa marga akan membuka dua pintu tol dari 12 pintu tol di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

#kotasemarang #liburnataru #poldajateng

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x