Kompas TV regional berita daerah

Sekali Isi Daya, Sepeda Listrik Buatan Mahasiswa UNY Bisa Tempuh Jarak 60 Kilometer

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 19:06 WIB
sekali-isi-daya-sepeda-listrik-buatan-mahasiswa-uny-bisa-tempuh-jarak-60-kilometer
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merancang sepeda listrik yang bisa menempuh jarak sejauh 60 kilometer per sekali pengisian daya. (Sumber: humas UNY)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merancang sepeda listrik yang bisa menempuh jarak sejauh 60 kilometer per sekali pengisian daya. Tidak hanya itu, sepeda ini juga memiliki berat yang lebih ringan ketimbang sepeda biasa.

Sepeda listrik ini telah diluncurkan dalam acara Serah Terima Sepeda Program Hilirisasi Riset Sepeda Inobike UNY di kampus UNY, Karangmalang, Yogyakarta, baru-baru ini.

Sepeda listrik karya mahasiswa UNY ini bernama Indobike yang merupakan hasil kerja sama dengan C Maxi Alloycast dan ED Aluminium.

Semua proses pembuatan sepeda ini dilakukan oleh para mahasiswa mulai dari desain rangka, pengecoran, pengelasan, pemotongan, hingga pengecatan.

Baca Juga: Sepeda Listrik Buatan Lokal Jadi Kendaraan Operasional di WSBK Mandalika

Sepeda listrik ini serupa dengan sepeda pada umumnya. Ketika dikayuh, maka sepeda bisa bergerak lebih cepat.

Sepeda listrik ini memakai mesin yang digerakkan baterai atau aki kering. Pengendara sepeda ini pun dijamin tak cepat lelah.

Sebab, hanya dengan satu dua kali kayuhan pedal sepeda langsung melesat. Pada bagian setang sepeda, terdapat sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengatur kecepatan sepeda ini.

Indobike UNY ini masih digunakan secara internal di kampus. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan sepeda ini juga dilempar ke pasaran.

Rencananya, sepeda listrik ini dibanderol dengan harga Rp10 juta sampai Rp12 juta per unit.

Menurut Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Apri Nuryanto, sepeda listrik ini menjadi bentuk riset terintegrasi dengan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat, sekaligus terwujudnya kerja sama triple helix Academic, Business, and Government.

“UNY sebagai penyedia konsep riset dan SDM, industri sebagai pelaku usaha yang mengalirkan inovasi, dan pemerintah sebagai pembuat regulasi,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (3/1/2022).

Sementara Bambang Cahyana dari ED Aluminium mengungkapkan, kerja sama dengan UNY dalam pembuatan sepeda listrik terjalin saat ED Aluminium membuka kesempatan kerja sama dengan beberapa kampus.

Baca Juga: Menyulap Sepeda Biasa Menjadi Sepeda Listrik

“UNY termasuk yang cepat meresponsnya, terbukti dengan kesediaan sejumlah mahasiswa FT UNY melakukan praktik di ED Aluminium sebanyak 23 orang,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x