Kompas TV regional peristiwa

Ini Isi Pembicaraan Gibran dan Jokowi Saat Melayat Miyono di Solo

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 12:31 WIB
ini-isi-pembicaraan-gibran-dan-jokowi-saat-melayat-miyono-di-solo
Presiden Jokowi menggendong cucunya Jan Ethes mendampingi Gibran Rakabuming Raka di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11/2019) malam. (Sumber: TRIBUN JATENG/YAYAN ISRO ROZIKI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlibat perbincangan dengan putranya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat melayat pamannya yang meninggal dunia, Miyono Suryo Sarjono (82).

Diketahui, perbincangan itu terjadi di rumah duka Gondang, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Senin (28/2/2022).

Sebelumnya, Jokowi tiba di rumah duka sekitar pukul 09.49 WIB. Ia memakai baju batik lengan panjang dan peci hitam. Jokowi datang didampingi putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Baca Juga: Belasan Warga Solo Terserang DBD, Termasuk Putri Bungsu Wali Kota Gibran

Tak lama berselang, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tiba juga di rumah duka eyangnya, Miyono. Dalam kesempatan itu, Gibran didampingi sang istri Selvi Ananda.

Prosesi pemberangkatan jenazah Miyono ke pemakaman keluarga di Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah, kemudian dimulai. Tak lupa, pihak keluarga menggelar tradisi brobosan.

Brobosan adalah ritual yang dilakukan oleh masyarakat Jawa ketika ada kerabat atau keluarga meninggal dunia.

Jenazah Miyono kemudian dibawa ke masjid yang berada tak jauh dari rumah duka untuk disalatkan terlebih dahulu sebelum dikebumikan. Kemudian, jenazah Miyono diberangkatkan ke pemakaman Mundu.

Baca Juga: Jokowi Didesak Segera Respons Wacana Penundaan Pemilu 2024 untuk Akhiri Kegaduhan

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi kedapatan berbincang dengan Gibran. Sesekali, Presiden Jokowi melambaikan tangan ke arah awak media. Presiden Jokowi juga terlihat menyapa para pelayat. 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x