Kompas TV regional berita daerah

30 Korban Pergerakan Tanah Mengungsi Di Penginapan Pinggir Pantai

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV- Bencana pergeseran tanah yang terjadi di 4 Kecamatan Dikabupaten Sukabumi Jawa Barat, hingga saat ini masih terus terjadi secara perlahan yang merusak 139 rumah warga di 5 desa. Salah satunya menimpa pada warga Kampung Cilengka , Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sebanyak 7 rumah warga didaerah tersebut rusak berat akibat pergerakan tanah. Kini para warga yang kurang lebih 30 jiwa dari 7 kepala keluarga tersebut, terpaksa mengungsi di sebuah penginapan yang dikelola oleh pihak desa yang berada di Pinggir Pantai Cikembang dekat tempat pelelangan ikan. Ada sekitar 10 kamar yang saat ini ditempati oleh warga mulai dari lansia hingga anak kecil yang sudah 3 hari menetap disana.

Sementara itu menurut Kepala Desa setempat warga yang saat ini mengungsi di Penginapan yang dikelola oleh desa tersebut kebanyakan berprofesi sebagai Nelayan. Pendapatan warga yang mengungsipun sangat minim, apalagi saat ini harus mengungsi dan kebingungan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Melalui kepala desa warga berharap secepatnya bisa diberikan bantuan dan bisa direlokasi ketempat lebih aman. Karena saat ini warga sudah tak berani kembali kerumahnya yang ditakutkan ambruk, dan mengancam keselamatan mereka. 

Sementara itu data terakhir yang dikeluarkan oleh bpbd, ada 139 rumah di 4 kecamatan dan 5 desa yang rusak akibat pergerakan tanah. 57 diantaranya mengalami rusak berat, 44 mengalami rusak sedang, dan 38 mengalami rusak ringan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x