Kompas TV regional berita daerah

Jelang Puasa Harga Cabai Naik Hingga 150 Persen

Kompas.tv - 24 Maret 2022, 16:45 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV- Menjelang memasuki Bulan Suci Ramadhan, harga cabai disejumlah pasar di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mengalami kenaikan secara drastis. Salah satunya di Pasar Modern Cibadak, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Terpantau dilapangan harga cabai yang dijual diPasar Cibadak mengalami kenaikan hingga 150 Persen. Sebelumnya harga cabai di pasar cibadak ini hanya 15 hingga 20 Ribu Rupiah Per Kilo Gram, kini mencapai 40 hingga 50 Ribu Rupiah Per Kilo Gram.

Kenaikan harga cabai ini sudah berjalan hinga Dua Minggu dengan kenaikan harga secara bertahap. Sementara itu menurut para pedagang cabai diPasar. Kenaikan harga cabai ini karena stok pengiriman cabai dari para petani berkurang, selain itu kenaikanpun menurut para pedagang diakibatkan karena cuaca buruk, sehingga para petani mengalami gagal panen. Kini jumlah cabai yang dijual pedagang berkurang hingga puluhan Kilo Gram karena stok menipis. Pedagang pun sering di komplain para pembeli karena kenaikan harga yang drastis.

Sementara itu para ibu rumah tangga, dan para pedagang masakan yang berbelanja diPasar Cibadak, mengeluhkan dengan kenaikan harga cabai tersebut. Kini para pedagang masakan terpaksa mensiasati dengan cara mengurangi bumbu masakan dengan bahan baku cabai, untuk mendapatkan keuntungan. Mereka berharap pemerintah bisa segera menstabilkan harga cabai tersebut, karena memberatkan warga, selain dari kenaikan harga minyak dan daging.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x