Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Nelayan Tidak Melaut Karena Kesulitan Mendapatkan BBM Solar

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 13:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan nelayan di Kabupaten Jember Jawa Timur tidak melaut, karena kesulitan mendapatkan BBM jenis solar. Nelayan resah karena kelangkaan solar terjadi di tengah datangnya musim ikan di perairan laut selatan Jawa.

Nelayan di pesisir pantai selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember terpaksa menyandarkan perahu mereka di dermaga dan memilih tidak melaut. Hal itu terpaksa dilakukan karena kesulitan mendapatkan pasokan bahan bakar minyak jenis solar.

Baca Juga: Solar Langka, Dirut Pertamina Buka Suara soal Dugaan Biang Kerok

Ketersediaan solar di SPBU yang berada di kawasan dermaga tidak mencukupi. Kebutuhan solar untuk perahu nelayan lebih dari 20 ribu liter per hari, sedangkan di SPBU dermaga hanya tersedia 8 ribu liter.

Selain itu, nelayan juga dibatasi membeli solar. Setiap nelayan hanya dijatah antara 100 hingga 200 liter. Padahal untuk perahu nelayan berukuran besar membutuhkan 400 liter solar untuk sekali melaut.

Baca Juga: Kelangkaan Minyak Goreng dan Solar Masih Belum Bisa Teratasi

Beberapa nelayan terpaksa hanya menunggu datangnya pasokan solar. Sedangkan sebagian nelayan lainnya berburu solar ke kecamatan lainnya dengan resiko mengeluarkan biaya tambahan untuk kendaraan pengangkut.

Nelayan yang nekat melaut dengan minimnya pasokan solar hanya dapat melaut 4 mil dari bibir pantai dengan resiko mendapat sedikit tangkapan ikan.

Nelayan berharap pemerintah menambah pasokan solar di SPBU kawasan dermaga dan tempat pelelangan ikan agar nelayan tetap bisa melaut.

 

#Nelayan #Solar #BBM #PantaiSelatan #LuatSelatan #Puger #Jember




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x