Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Belajar Ngaji dan Perawatan Jenazah

Kompas.tv - 6 April 2022, 19:45 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Puluhan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember, Jawa Timur, mengikuti pelatihan kerohanian yang dikemas dalam Pondok Ramadan. Selain belajar mengaji dan sholat, mereka juga dilatih tata cara mengkafani jenazah serta sholat jenazah.

Kegiatan Pondok Ramadan ini digelar di Musala Al-Ikhlas Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, Jawa Timur, pada Rabu siang.

Sejumlah warga binaan belajar mengaji dan tata cara menjalankan ibadah sholat dengan benar. Selain itu, mereka juga diberi pelatihan perawatan jenazah, mulai dari memandikan dan mengkafani jenazah sesuai dengan syariat agama islam, hingga sholat jenazah.

Untuk menghindari kerumunan di masa pandemi, kegiatan ini digelar dengan bergantian setiap blok ruang tahanan.

Baca Juga: Petugas Temukan Buku Jihad Dalam Lapas, Milik Warga Binaan Kasus Terorisme

Pembina Kerohanian Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, Pramono menyebut, Pondok Ramadan ini bertujuan untuk membentuk karakter serta mengubah mental dan akhlak warga binaan, agar menjadi pribadi yang lebih baik ketika kembali bersosialisasi di masyarakat nanti.

Sejumlah warga binaan menyambut baik kegiatan ini. Selain menjadi bekal keterampilan mereka saat bebas nanti, juga dapat meningkatkan kekhusukan mereka saat menjalankan ibadah puasa.

Pondok Ramadhan ini menghadirkan sejumlah pemateri, baik dari Lembaga Pemasyarakatan maupun tokoh agama.

 

#pondokramadhan #lembagapemasyarakatan #wargabinaan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x