Kompas TV regional berita daerah

Wisata Alam Dlingo Jadi Favorit Wisatawan di Bantul pada Libur Lebaran 2022

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 18:34 WIB
wisata-alam-dlingo-jadi-favorit-wisatawan-di-bantul-pada-libur-lebaran-2022
Ilustrasi Bukit Bego di JL. Imogiri arah Mangunan, Bantul, DI Yogyakarta. (Sumber: Bantulpedia)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Wisata alam hutan pinus di Dlingo Bantul menjadi favorit wisatawan pada libur Lebaran 2022. Pada hari kedua Lebaran, jumlah kunjungan ke sejumlah objek wisata di Dlingo Bantul mencapai lebih dari 6.000 wisatawan.

Menurut Ketua Koperasi Notowono Purwo Harsono, kunjungan pada hari kedua Lebaran meningkat hampir tiga kali lipat ketimbang hari pertama Lebaran. Pada hari pertama, jumlah wisatawan yang berkunjung berkisar 2.200-an orang.

“Sebagian besar wisatawan mengendarai kendaraan roda dua dan empat, belum melihat ada kunjungan wisata menggunakan bus,” ujarnya, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: Hati-Hati Melintasi Jalur Cinomati Saat Berwisata ke Dlingo Bantul, Ini Tips Melewati Tanjakan Maut

Pada hari pertama Lebaran, objek wisata Pengger dikunjungi 572 orang, Becici 308 orang, Lintang sewu 47 orang, Pinus Asri 36 orang, Pinus Sari 1.006, Seribu Batu 289 orang dan Panguk sebanyak 40 orang wisatawan.

Sementara pada hari kedua Lebaran, objek wisata Pinus Sari masih menjadi andalan dengan jumlah kunjungan 2.785 orang, kemudian Pengger 1.539 orang, Becici 1.122 orang, Lintang Sewu 71 orang, Pinus Asri 133 orang, Seribu Batu 613 orang, dan Panguk 65 orang.

“Pendataan akan kami lakukan sampai besok Minggu untuk evaluasi,” ucapnya.

Sampai saat ini, ia masih masih mengandalkan mass tourism dan bukan quality tourism. Kunjungan wisatawan saat Lebaran tahun ini bisa menjadi batu loncatan setelah pengelolaan wisata alam di Dlingo kembali dari nol karena terdampak pandemi Covid-19.

“Setelah Lebaran ini baru kami akan mengemas quality tourism, seperti pergelaran budaya bisa jadi data tarik,” tuturnya.

Baca Juga: Lancarkan Arus Mudik Lebaran, Jembatan Kretek 2 Bantul Dibuka Sementara

Pada libur Lebaran tahun ini belum ada atraksi wisata di Dlingo karena masih menunggu regulasi dari pemerintah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x