Kompas TV regional berita daerah

Tebing Setinggi 50 Meter di Kulon Progo Longsor, 1 Warga Tewas

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 10:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Intensitas hujan yang tinggi sejak Selasa (31/5/2022) malam, membuat tebing setinggi 50 meter dengan lebar 10 meter di kawasan hutan Pedukuhan Pengos A, Gerbosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, longsor pada Rabu (1/6/2022) siang, akibat bencana ini, dua warga sempat tertimbun material longsor.  Astho Supriyo Asmoro tewas di lokasi kejadian, sementara Sujidi harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kejadian berawal saat kedua warga ini berniat pulang usai mencari rumput di hutan pada Rabu (1/6/2022) pagi. Saat melintasi lokasi kejadian, tebing yang berada di atas jalan setapak yang dilalui kedua warga ini tiba-tiba longsor.

Material berupa batu andesit pun langsung menerjang keduanya. Sujidi berhasil menyelamatkan diri, sementara Astho tewas di lokasi kejadian akibat diterjang  dan tertimbun bebatuan berukuran besar.

"Korban pulang dari mencari rumput, melewati jalan pintas in,i tiba-tiba korban tertimpa tanah longsor dan bebatuan," ujar Sungkowo, warga dekitar.

Selain di pedukuhan Pengos A, longsor juga terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Kulon Progo yakni di Pedukuhan Plampang dua, Clapar dan Jalan Nganjir - Klepu di Kokap Kulon Progo.

Sementara, untuk lokasi longsor di Pedukuhan Pengos A, diketahui memang rawan longsor karena memiliki kemiringan tebing hingga 80 derajat, dengan ketinggian 50 meter.

"Dampak dari hujan dengan durasi lama tadi malam. Ini memeng terjadi dibeberapa titik bencana di Kulon Progo, terutama tanah longsor," kata Joko Satyo Agus Nahrowi, Kalak BPBD Kulon Progo.

Jenazah Astho Supriyo Asmoro, korban longsor, inipun langsung dikebumikan di pemakaman umum desa setempat.

Warga yang tinggal di kawasan rawan longsor diimbau tetap waspada mengingat kondisi cuaca yang ekstrim diprediksi masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

#longsor #kulonprogo #bpbd

 

  

    

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x