Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabe Masih Tinggi, Disusul Bawang Merah

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 18:21 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Harga cabai rawit di Kota Madiun, Jawa Timur, masih tinggi di harga 90 ribu rupiah perkilogram. Belum turun, kini disusul harga bawang merah yang juga turut mengalami kenaikan harga dari sebelumnya.

Harga sejumlah jenis cabai di pasar besar Kota Madiun, Jawa Timur masih tinggi. Harga cabai jenis rawit di pasar ini, masih dijual dengan harga 90 ribu rupiah perkilogram nya.

Tingginya harga cabai jenis rawit membuat para pelanggan mengurangi pembelian mereka. Bahkan ada yang semula membeli satu kilogram, kini dikurangi hanya satu ons saja.

Sepinya pembeli juga berdampak pada penjualan cabai rawit setiap harinya. Jika sebelumnya pedagang mampu menjual 30 kilogram cabai rawit perhari, kini turun 50 persen hanya 15 kilogram saja. Tak jarang cabai dagangan menjadi rusak.

Belum turun harga, kini komoditas bawang merah juga menyusul naik harga. Semula diharga normal sekitar 22 ribu rupiah perkilogram, kini bawang merah naik secara terus menerus sejak pasca lebaran, tembus harga 40 ribu rupiah perkilogram.

Selain cabai jenis rawit dan bawang merah, kenaikan harga juga terasa pada cabai jenis merah tampar dan merah besar yang kini dijual dengan harga 62 ribu rupiah perkilogram. Pedagang menduga kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok ini, karena dampak gagal panen yang terjadi akibat cuaca ekstrim.

#beritamadiun
#hargasembako
#cabairawit

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x