Kompas TV regional berita daerah

Gubernur Menjamin Hewan Kurban di Jawa Timur Bebas Penyakit Mulut dan Kuku

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 17:08 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Vaksinasi hewan ternak di wilayah Provinsi Jawa Timur paling cepat baru bisa dilakukan awal Agustus mendatang. Meski demikian, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjamin hewan ternak yang akan dipotong untuk Idul Adha bebas penyakit mulut dan kuku.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri dies natalis ke 54 Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, pada Senin sore (6/6/2022).

Baca Juga: Petani di Ponorogo Buang Ribuan Liter Susu Segar Karena Wabah PMK

Menurut Khofifah, vaksinasi untuk menanggulangi wabah penyakit mulut dan kuku baru bisa dilakukan paling cepat awal bulan Agustus mendatang. Pasalnya, vaksin masih dalam  proses penyempurnaan.

Meski demikian, Khofifah menjamin hewan ternak yang dipotong untuk hari raya Idul Adha di Jawa Timur terjamin kesehatannya. Karena hewan yang boleh dipotong harus sudah melalui cek kesehatan secara ketat.

Baca Juga: Akan Dijual Saat Idul Adha, Sapi Seberat 1 Ton Malah Mati Terinfeksi PMK

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan 38 kepala daerah di Jawa Timur terkait prosedur pemotongan hewan saat Idul Adha.

Meski terjamin, namun Gubernur tetap meminta warga mewaspadai penyebaran PMK dengan menjaga kesehatan sapi, menyemprotkan disinfektan dan menerapkan isolasi ternak.

 

#Wabah #PenyakitMulutKuku #Vaksinasi #HewanTernak #Gubernur #JawaTimur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x