Kompas TV regional berita daerah

Sambut 1 Abad PSHT, Pendekar Kirab Tanah Dan Air Se Indonesia

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 18:05 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

NGAWI, KOMPAS.TV - Peringati satu abad kelahiran perguruan pencak silat  Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun, menggelar kirab tanah dan air dari seluruh Indonesia. Tanah dan air dari Sabang sampai Merauke ini dikirab dan dikumpulkan menjadi satu, sebagai simbol mempererat persaudaraan, menjaga keutuhan kebinekaan.

Iring - iringan tim pembawa tanah dan air dari seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua ini, tiba di pendopo agung Ngawi Jawa Timur. Sebagian lain, juga tiba di Padepokan SH Terate di Ponorogo.

Tanah dan air suci ini diambil dari 300 lebih cabang PSHT yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Ratusan pendekar pun menyambut dengan gegap gempita, memperagakan jurus silat serta kesenian Reog Ponorogo, untuk diserahkan langsung ke sesepuh PSHT.

Pengumpulan tanah dan air ini menggambarkan keragaman yang ada di SH Terate. Ribuan warga SH berasal dari berbagai profesi, adat, budaya, suku dan agama namun tetap dalam satu bingkai persaudaraan. Turut menjaga kebinekaan.

Sejak berdiri pada 1922 hingga menginjak 1 abad di 2022 ini, SH Terate tetap konsisten menjaga warisan leluhur, berupa ajaran pencak silat dan budi pekerti. Dalam ajang pencak silat, SH Terate juga rutin menyumbangkan prestasi untuk bangsa Indonesia.

Kirab nusantara, tanah dan air dari seluruh indonesia ini akan dikumpulkan menjadi monumen 1 abad SH Terate, yang puncaknya akan digelar di Padepokan Pusat Madiun pada September 2022.

#beritangawi

#beritaponorogo

#beritamadiun

#psht

#shterate

#1abadpsht

#pencaksilat




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x