Kompas TV regional berita daerah

ITN Malang Gelar Seminar Nasional Tantangan Metaverse di Pendidikan Tinggi

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 18:57 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar seminar nasional tantangan metaverse di Pendidikan Tinggi, Rabu (13/07/2022).

Seminar nasional ini menghadirkan sejumlah tokoh, diantaranya Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dan Kepala Pusat Riset Kecerdasan Buatan dan Keamanan Siber Badan Riset dan Inovasi Nasional Anto Satriyo Nugroho. 

ITN meyakini teknologi metaverse mampu membangun proses belajar dan mengajar di kampus, karena bisa diakses oleh masyarakat luas. 

Rektor ITN Malang Abraham Lomi mengatakan, ITN siap menjadi kampus metaverse pertama di Indonesia, karena telah melakukan berbagai percepatan dan persiapan. 

"Menjadi kampus metaverse pertama di Indonesia itu keinginan kami. Dengan penyelenggaraan seminar ini kita mau mendeklarasikan bahwa kami kampus pertama yang akan menerapkan teknologi metaverse" katanya.

Sementara itu Ahmad Basarah yang mengisi seminar menyampaikan, kini masyarakat dapat melakukan banyak hal dengan internet. Terlebih menyusul kehadiran metaverse.

"Seminar yg diselenggarakan oleh ITN pada hari ini mengambil tajuk metaverse dan tantangannya terhadap dunia Perguruan Tinggi adalah sesuatu yg sangat relevan. Bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi itu kemajuan dan perkembangannya tetap harus berpedoman dan berpijak dalam falsafah bangsa kita sendiri, agar kita sebagai bangsa tidak terombang-ambing oleh perubahan dunia yang cepat" ucap Basarah.

Seminar nasional ini diikuti 162 presenter yang mempresentasikan papernya. Ratusan presenter ini datang dari Perguruan Tinggi di Indonesia. 

Hasil inovasi dan riset terbaru dari peneliti ini, untuk mendukung pembangunan nasional khususnya di bidang teknologi.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x