Kompas TV regional berita daerah

BKKBN Perkenalkan Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL)

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 17:29 WIB
bkkbn-perkenalkan-aplikasi-elektronik-siap-nikah-dan-hamil-elsimil
BKKBN Sumsel Sosialisasikan Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL) Dalam Rangka Pencegahan Stunting Dari Hulu. (Sumber: Humas BKKBN Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Salah satu intervensi yang dilakukan dalam upaya percepatan penurunan stunting adalah dengan memastikan setiap Calon Pengantin/calon PUS berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil. Berbagai hasil kajian dan penelitian menunjukkah bahwa kondisi ibu saat hamil dan melahirkan merupakan salah satu determinan pada kejadian stunting. Usia ibu saat hamil dan melahirkan, anemia, indeks massa tubuh rendah, serta perilaku merokok dan keterpaparan terhadap asap rokok dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin yang mengakibatkan bayi lahir stunting.

Intervensi pada Calon Pengantin/Calon PUS merupakan upaya preventif untuk mencegah terjadinya bayi stunting dengan menghilangkan/ menurunkan faktor risiko/ penyulit pada setiap Calon Pengantin/Calon PUS. Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan skrining yang ditindaklanjuti dengan pendampingan kesiapan menikah dan hamil kepada calon pengantin. Suatu konsep untuk mendukung keberhasilan pencegahan stunting dari hulu bagi Catin/Calon PUS serta sebagai implementasi dari Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunsan Stunting ini sudah disiapkan berupa alat dan media yaitu Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL).

ELSIMIL adalah aplikasi skrining dan pendampingan untuk calon pengantin (Catin). Setiap pasangan Catin akan mendapatkan pendampingan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berada di Desa/Kelurahan yang sama dengan wilayah domisili Catin. Tujuan aplikasi ELSIMIL adalah untuk melakukan deteksi dini terhadap kesehatan Catin untuk mitigasi risiko melahirkan bayi stunting. Caranya, melalui pengisian kuesioner terkait beberapa variabel. Pengisian kuesioner dilakukan setelah Catin melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan (Faskes). Sistem ELSIMIL akan melakukan scoring secara otomatis untuk menentukan apakah kuesioner Catin mendapat hasil Ideal (Hijau) atau Berisiko (Merah). Hasil kuesioner akan menjadi panduan bagi Petugas Pendamping untuk melakukan pendampingan terhadap Catin. Selain edukasi, pendampingan juga dilakukan melalui intervensi berupa pemberian multivitamin atau suplemen, tergantung kebutuhan Catin.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh Perwakilan BKKBN Sumatera Selatan melalui Subbid Bina Ketahanan Remaja dalam upaya mengenalkan Aplikasi ELSIMIL ini antara lain pembekalan kepada Tim Pendamping Keluarga pada kegiatan Orientasi TPK Tk. Provinsi yang telah dilaksanakan pada bulan April 2022, sosialisasi pengelola program pada kegiatan Implementasi Elsimil dalam rangka Pencegahan Stunting dari Hulu yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 26 Mei 2022 bertempat di Hotel Beston Palembang, sosialisasi ke kalangan remaja di Sumatera Selatan pada kegiatan Talkshow GenReaction dalam rangka Harganas ke-29 Tahun 2022 yang dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 19 Juni 2022 bertempat di Hotel The Zuri Palembang dan media Zoom Meeting. Selain itu juga perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan mengerahkan para Duta Generasi Berencana (Genre) untuk aktif menyebarluaskan informasi tentang Aplikasi Elsimil baik berupa infografis di sosial media maupun melalui leaflet yang disebar pada kegiatan pameran termasuk wedding expo.

Para calon pengantin dapat mengakses Aplikasi Elsimil berbasis android di Playstore maupun Appstores, sementara Petugas Pendamping yang terdiri dari Kader KB, Kader PKK, dan Bidan/Tenaga Kesehatan, mengakses aplikasi berbasis website di https://elsimil.bkkbn.go.id.



Sumber : Kompas TV Palembang



BERITA LAINNYA



Close Ads x