Kompas TV regional berita daerah

Harga Telur Ayam Naik, Pedagang Kue Kurangi Keuntungan

Kompas.tv - 1 September 2022, 14:35 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Harga telur ayam di Pasar Badung, Denpasar, Bali , terpantau masih tinggi. Kenaikan harga telur ayam cukup signifikan Rp 10 ribu rupiah perkratnya.  Dari sebelumnya harga telur ayam dijual Rp. 40 sampai 45 ribu rupiah perkrat kini naik menjadi 55 ribu rupiah perkratnya. Dimana 1 krat berisi  30 butir telur. Kenaikan harga telur ayam dirasakan pedagang sejak 2 minggu terakhir. Kenaikan harga diduga lantaran minimnya pasokan telur dari produsen.

Harga telur yang naik signifikan juga berdampak pada menurunnya daya beli. Salah satu pembeli yang berjualan martabak merasakan dampak kenaikan harga telur yang membuatnya terpaksa menurunkan keutunganya.

Sementara itu, harga telur ayam naik berdampak pada usaha yang menggunakan telur ayam seperti penjual kue tart yang menggunakan bahan dasar telur ayam. Seperti yang terpantau di salah satu toko kue yang ada di Jalan Surapati Denpasar.

Toko kue ini menghabiskan sekitar 20 sampai 30 krat telur dalam seminggu.  Naiknya harga telur otomatis menaikan biaya produksi kue, namun lantaran kondisi ekonomi yang belum stabil, penjual kue enggan menaikan harga kue meski untung berkurang. Harga kue dijual bervariasi mulai Rp. 30 ribu tergantung ukuran dan jenis.

 Pedagang pun berharap agar harga kebutuhan pokok, khususnya telur ayam dapat normal kembali.

 

 

 

 

 

 

#hargatelurnaik   #pedagangkuekurangikeuntungan    #pasarbadung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x