Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Buruh dan Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM

Kompas.tv - 6 September 2022, 18:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Aksi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Selasa (06/09/22) juga disuarakan oleh mahasiswa dan buruh yang digelar di Jalan Pahlawan Kota Semarang.

Ratusan buruh dan mahasiswa ini membawa spanduk penolakan kenaikan harga BBM untuk disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah dan Ketua DPRD Jawa Tengah. Dalam aksi ini, selain diwarnai dengan bakar ban, juga diwarnai pendemo yang menyalakan kembang api suar (flare). 

Sementara itu aparat kepolisian dari Polrestabes Semarang, memasang kawat berduri di depan Gedung DPRD dan kantor Gubernur Jawa Tengah. Sebagai langkah untuk menghindari kontak fisik antara petugas dengan massa aksi.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar mengerahkan ratusan personil Polri untuk menjaga aksi demo penolakan kenaikkan harga BBM. Penjagaan secara humanis ini, sebagai langkah untuk mengaspirasi pendemo dalam menyampaikan orasinya.

"Jumlah personil yang dilibatkan dalam pengamanan kurang lebih 470 personil. Kita kawal jangan sampai ada yang menyusupi kemudian mengganggu kegiatan unjuk rasa pada siang hari ini" ujar Irwan. 

Dalam orasinya buruh mengecam pemerintah dalam menaikkan harga BBM yang pastinya memicu kenaikkan harga kebutuhan pokok lainnya. 

Rencananya, aksi penolakan kenaikkan harga BBM yang disuarakan oleh buruh dan mahasiswa ini akan dilakukan hingga pemerintah mengevaluasi kenaikkan harga BBM bersubsidi yang mulai resmi diberlakukan Sabtu 3 September, pukul 14.30 WIB.

#bbmbersubsidi #demo #mahasiswa #buruh 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x