Kompas TV regional berita daerah

Forpi Kota Yogyakarta Minta Penyaluran BLT BBM Diawasi: Jangan Sampai Tidak Tepat Sasaran

Kompas.tv - 10 September 2022, 15:15 WIB
forpi-kota-yogyakarta-minta-penyaluran-blt-bbm-diawasi-jangan-sampai-tidak-tepat-sasaran
Warga mengantre saat melakukan pencairan BLT BBM di Kantor Pos Besar Yogyakarta, Sabtu (10/9/2022). (Sumber: Dok. Forpi Yogyakarta)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta berharap agar masyarakat ikut mengawasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai alias BLT BBM. 

Menurutnya, pemantauan dan pengawasan ini harus dilakukan agar alokasi bantuan yang diberikan tepat sasaran dan menghindari adanya masalah di lapangan.

“Forpi Kota Yogyakarta meminta agar penyaluran BLT BBM diawasi bersama-sama,” demikian pernyataan tertulis yang diterima KOMPAS.TV, Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga: Cair! Warga yang Tinggal di Daerah Ini sudah Dapat BLT BBM, Ada di Mana Saja?

Apabila terdapat indikasi adanya penerima BLT BBM yang tidak tepat sasaran, masyarakat dapat mengadukan ke Kantor Sekretariat Forpi Kota Yogyakarta di kompleks Balaikota Yogyakarta.

Per hari ini, penyaluran BLT BBM sudah mulai dilakukan, termasuk di Kantor Pos Besar Kota Yogyakarta.

Sayangnya, Forpi menilai, penyaluran BLT BBM di Kantor Pos Besar Kota Yogyakarta masih belum optimal karena terdapat beberapa hambatan.


Oleh karenanya, Forpi memberikan beberapa catatan.

“Pertama, terkait jaga jarak sulit dihindarkan. Kedua, orang tua masih mengajak anaknya untuk ikut antre BLT BBM. Ketiga, pengambilan tidak sesuai dengan jadwal sehingga sempat terjadi penumpukan meskipun segera diatasi oleh petugas setempat.”

Forpi usul agar penyaluran BLT BBM dibuatkan jadwal agar masyarakat dapat melakukan pencarian BLT BBM secara teratur dan tidak terjadi penumpukan.

Forpi juga mengapresiasi langkah Pos Indonesia yang melakukan sistem jemput bola bagi lansia dan penyandang disabilitas saat menyalurkan bantuan tersebut.

Baca Juga: Ramai-Ramai Kades di Karawang Keluhkan Data Penerima BLT BBM Tak Sinkron, Pemkab Beri Jawaban Begini

Cara Mencairkan BLT BBM di Kantor Pos 

Jika Anda termasuk sebagai penerima BLT BBM atau keluarga penerima manfaat, Anda dapat mencarikan BLT BBM di Kantor Pos terdekat.

Simak langkah-langkahnya:

Siapkan dokumen yang harus dibawah, yakni surat undangan pencairan, KTP, dan KK, ke kantor pos terdekat. Surat undangan pencairan ini didapatkan melalui pemerintah desa atau RT/RW setempat.

  1. Perhatikan jadwal pada undangan yang tertera.
  2. Datang ke kantor pos dan ambil nomor antrian.
  3. Serahkan berkas yang dibawa ke petugas.
  4. Petugas akan melakukan verifikasi.
  5. Setelah berkas terverifikasi, Anda dapat pulang membawa BLT BBM.


Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x