Kompas TV regional berita daerah

BBM Naik Warga Ciptakan Mobil Listrik Tenaga Surya

Kompas.tv - 12 September 2022, 13:58 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPASTV - Harga bahan bakar minyak terus naik, mengispirasi seorang warga, di desa sangalangit, kecamatan gerokgak, buleleng, untuk ciptakan mobil listrik tenaga surya. Pada siang hari, mobil listrik tenaga surya ini tidak pernah kehabisan energi. Saat malam, mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga lima belas kilometer.

Harga bahan bakar minyak terus mengalami kenaikan. Kondisi ini menginspirasi I Putu Dedi Wihartama Griadhi, seorang warga banjar dinas kayuputih, desa sanggalangit, kecamatan gerokgak, buleleng, untuk menciptakan mobil listrik tenaga surya. Sebelum menciptakan mobil listrik tenaga surya, Putu Dedi, telah memasang 6 panel surya untuk kebutuhan listrik di rumahnya.

Dengan berbekal pengetahuan tentang panel surya dan teknik mesin yang dimiliki, Putu Dedi merancang mobil listrik berkekuatan lima ribu watt peak. Butuh waktu enam bulan untuk merampungkan mobil listrik tenaga surya ini. Satu mobil listrik ini menghabiskan dana sebesar tiga puluh lima juta rupiah. Di dalam mobil listrik ini, menggunakan lima baterai kekuatan dua belas volt, yang terpasang dibawah mobil.

Mobil ini dirancang sangat sederhana. Atap kendaraan ini seluruhnya menggunakan panel surya. Pada bagian rangka kendaraan ini sebagian besar menggunakan pipa holo dan besi bekas. Mobil listrik ini, mempunyai kemampuan angkut hingga lima ratus kilogram, dengan menambah gandengan angkut dibagian belakang. Mobil listrik ini kerap digunakan oleh Putu Dedi untuk aktifitas di kebun dan kandang ternak ayam.

Mobil listrik tenaga surya ini, tidak memerlukan stasiun pengisian baterai mobil listrik, saat hari cerah dan matahari terik, pengisian listrik bisa langsung dilakukan saat berkendara. Namun bila tidak digunakan, mobil cukup dijemur dibawah terik sekitar tiga jam. Pada malam hari, dengan kondisi baterai penuh, mobil ini mampu menempuh jarak lima belas kilometer.

Keunggulan dari mobil listrik tenaga surya ini, sisa energi yang tersimpan di baterai mobil, dapat digunakan untuk penerangan dirumah. Selain ramah lingkungan juga sangat murah hanya mengandalkan sinar matahari yang melimpah, seperti indonesia yang beriklim tropis.

 

 

#bbmbersubsidi #mobillistriktenagasurya #buleleng




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x