Kompas TV regional berita daerah

Hindari Kerugian, Peternak Beralih Jenis Ayam

Kompas.tv - 12 September 2022, 14:32 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPASTV - Walaupun harga telur mahal, namun ternyata peternak diberatkan dengan harga pakan yang terus naik. Menghindari kerugian, sejumlah peternak ayam di klungkung beralih memelihara ayam petelur jenis arab.

Hingga kini harga telur dipasaran harganya masih tinggi dikisaran rp 60 ribu perkerat atau rp 30 ribu perkilonya, untuk jenis telur ayam merah.

Peternak ayam menyebut harga telur ini masih murah, lantaran harga pakan terus melonjak. Untuk menghindari kerugian tinggi, sejumlah peternak ayam petelur di klungkung beralih dari ayam petelur merah ke ayam petelur ras kampung jenis arab. 

Salah satu peternak Wayan Gede Puja Astawa mengaku,harga telur ayam kampung ini lebih tinggi dari telur ayam merah. Selain itu ayam nya juga lebih tahan penyakit dan makannya jauh lebih irit. Saat ini ia memelihara dua ribu ekor ayam .

Setiap bulannya ia menghabiskan sedikitnya tiga setengah ton pakan tiap bulan dengan hasil telur sekitar 3.600 butir telur atau sekitar 2,4 ton telur setiap bulannya. 

Meski pemeliharaan ayam kampung ini lebih mudah dibandingkan ayam merah, namun penjualan telur ayam kampung tidak semudah ayam merah. Ayam petelur kampung harus memiliki pangsa pasar khusus. Dengan sasaran penjual jamu atau untuk kebutuhan kosmetik. 

 

 

#peternakayam #hargatelurnaik #klungkung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x