Kompas TV regional berita daerah

UKM Badung Adopsi Konsep Gratis Ongkir

Kompas.tv - 27 September 2022, 12:01 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - k Dinas Koperasi  UKM & Perdagangan Kabupaten Badung, Made Widiana menerangkan, melalui studi jurnalistik keluar Bali, pihaknya mengetahui kelebihan yang dimiliki Diskop UKM provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam mengembangkan dan memfasilitasi para pelaku UMKM.

Menurutnya, konsep menggratiskan ongkos kirim untuk pemasaran produk UMKM secara digital akan diadopsi melalui rumusan hasil studi yang akan disampaikan kepada Bupati Badung.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY, Wisnu Hermawan menerangkan, fasilitas gratis ongkir untuk pelaku UKM diberikan melalui aplikasi sibakul yang berkolaborasi dengan ojek daring. Selain membantu pemulihan UKM dari imbas pandemi, upaya ini juga untuk meringankan pelaku usaha kecil menengah maupun ekonomi kreatif dari dampak terjadinya inflasi kenaikan tarif BBM. 

Dari kegiatan studi jurnalistik ke Yogjakarta, diketahui fasilitas gratis ongkir yang diberikan untuk produk UKM, biayanya ditanggung oleh pemerintah daerah setempat. Skema bebas ongkir menjadi bentuk investasi pemerintah DIY Yogyakarta untuk pemberdayaan UKM, sekaligus mendorong tingkat konsumsi masyarakat terhadap produk lokal. Pembuatan aplikasi Sibakul merupakan bentuk digitalisasi model pembinaan Diskop UKM DIY, bagi pelaku Usaha Kecil Menengah.

 

 

 

 

 

#diskopbadung    #pemkabbadung    #badung



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x