Kompas TV regional berita daerah

Fasilitas Umum & Pura Hancur Diterjang Banjir

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Cuaca ekstrem, dengan curah hujan tinggi selama 3 hari terakhir di wilayah Bali, mengakibatkan banyak kerugian. Seperti Pura Beji dan jalan sepanjang 500 meter menuju pura setempat hancur diterjang banjir, air bah dari luapan Sungai (Tukad) Unda.

Salah satu tokoh pengurus adat setempat  mengatakan, curah hujan sangat tinggi mengakibatkan air sungai unda meluap dan merusak bangunan pura. Semua pondasi dan tembok pembatas pura hancur  menjadi puing-puing. Selain itu, akses jalan sepanjang lebih dari 500 meter menuju pura juga hancur, akibat tidak kuat menahan besarnya air sungai yang meluap.

Beruntung saat kejadian tidak ada kegiatan upacara di pura ini, namun  upacara besar yang akan dilaksanakan bulan depan tercancam batal karenya hancurnya bangunan pura.

Kerugian belum dipastikan, namun diperkirakan hingga miliaran rupiah, mulai dari kerusakan fasilitas umum jalan hingga kerusakan bangunan pura.

Selain tempat kegiatan persembahyangan, di pura ini banyak warga yang mencari air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Namun saat ini tidak bisa dilakukan karena akses jalan rusak dan sumber airnya juga tertimbun.

 

 

 

 

 

#cuacaekstrim #banjir  #BPBDklungkung 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x