Kompas TV regional berita daerah

Polwan Berantas Buta Aksara di Kabupaten Jayapura

Kompas.tv - 17 Oktober 2022, 18:27 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Selain bertugas menjaga situasi kamtibmas, puluhan Polisi wanita di Polres Jayapura, memiliki tugas tambahan untuk mengajar puluhan Mama Papua dan anak-anak yang putus sekolah di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Mereka rela meluangkan waktunya diluar jam kedinasan untuk ikut membantu pemerintah dalam pemberantasan buta aksara bagi warga setempat.

Proses pembelajaran dilakukan dengan fleksibel dan menyesuaikan dengan aktivitas Mama Papua maupun anak-anak didik yang putus sekolah. Dengan lokasi belajar yang dapat dilakukan dimana saja, seperti pasar, kebun, maupun tempat bermain anak.

Dengan kesabaran dan kerja keras para Polwan selama lima bulan ini, sejumlah peserta didik baik mama papua maupun anak-anak yang putus sekolah sudah bisa membaca dan berhitung.

Bahkan sejumlah peserta yang sudah bisa membaca dan menulis berhasil mengikuti ujian serta mendapatkan surat keterangan melek aksara yang diterbitkan dinas pendidikan dan pengajaran Kabupaten Jayapura.

Sejumlah peserta Mama Papua yang sudah bisa membaca dan berhitung mengaku senang karena mereka bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti saat bertransaksi di pasar, bahkan mereka sudah tidak tertipu saat berjualan.

Diharapkan dengan program ini seluruh peserta yang sudah bisa membaca dan menulis bisa menggunakan sertifikat yang dimiliki untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x