Kompas TV regional berita daerah

KIP Kota Banda Aceh Lakukan Verifikasi Faktual Partai Lokal

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 15:24 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - KIP kota Banda Aceh mulai melakukan verifikasi faktual baik untuk partai nasional maupun partai lokal Aceh yang dinyatakan lolos dari tahapan verifikasi administrasi sebelumnya. 

Adapun pengujian sampel dengan metode  krejcie dan morgan ini megharuskan partai lokal di Aceh harus mempersiapkan keanggotaan kepengurusan partai hingga tingkat kecamatan, sedangkan partai nasional yang diuji hanya tingkat kabupaten kota. 

Sedikitnya ada empat partai lokal Aceh yang harus diverifikasi faktual, salah satunya adalah Partai Adil Sejahtera. Adapun yang diverifikasi adalah wujud kantor kepengurusan partai, kehadiran pengurus partai tingkat kecamatan, yang dibuktikan dengan KTP dan kartu tanda anggota partai, serta keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan itu.

Sementara itu dari beberapa partai lokal yang diverifikasi, sudah memenuhi syarat namun hasil akhir dari seluruh tahapan verifikasi faktual nantinya akan diumumkan pada rapat pleno KIP kota Banda Aceh awal November mendatang. 

Dalam pelaksanaan verifikasi faktual turut hadir komisioner KIP Aceh, Bawaslu Banda Aceh serta petugas verifikator. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x