Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Badung Launching Aplikasi Srikandi

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 09:05 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Launching aplikasi Srikandi ini digelar di ruang pertemuan Kertha Gosana, Badung, Selasa (18/10) pagi. Sekda Kabupaten Badung bersama Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia atau ANRI melaunching langsung aplikasi Srikandi ini, dengan ditandai penembakan anak panah.

Badung menjadi kabupaten pertama di Bali yang menerapkan aplikasi Srikandi ini. Aplikasi Srikandi ini merupakan perpaduan dari praktik kearsipan dengan memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi. 

Selain itu, penerapan aplikasi Srikandi di Kabupaten Badung ini dilakukan berdasarkan Perpres No 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Sekda Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa menyebut, penggunaan aplikasi Srikandi di Badung ini untuk mendorong kearsipan daerah menuju transformasi digital.

Pemkab Badung akan mensosialisasikan penggunaan aplikasi Srikandi ini hingga tingkat desa, dan ditargetkan seluruh kearsipan mulai tingkat desa hingga pemerintah Kabupaten Badung sudah berbasis elektronik menggunakan aplikasi Srikandi ini pada tahun 2023 mendatang.

Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau Srikandi ini merupakan program penting dan prioritas nasional serta dapat dimanfaatkan pemerintah pusat hingga daerah. Kepala Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia berharap, kabupaten, kota lainnya di Bali bisa mencontoh Kabupaten Badung untuk menerapkan sistem kearsipan berbasis elektronik tersebut.

Selain menyambut transformasi digital dan transparansi publik melalui kearsipan berbasis elektronik, dengan penggunaan aplikasi Srikandi ini juga bisa membantu menjaga keseimbangan alam yakni mengurangi penebangan pohon, yang menjadi bahan baku pembuatan kertas. 

#aplikasiSRIKANDI   #pemkab_badung  #ANRI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x