Kompas TV regional berita daerah

Upacara Maperani Pura Tuluk Biyu Batur

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 11:47 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BANGLI, KOMPAS TV -  Upacara maperani merupakan rangkaian dari prosesi berakhirnya upacara ngusaba purnamaning sasih kapat di pura tuluk biyu batur , bangli.

Seiring dengan berakhirnya upacara ngusaba purnamaning sasih kapat di pura tuluk biyu batur, kecamatan kintamani, kabupaten bangli, bali, sebelum ida betara betari madinen , segenap warga dan pengempon pura menggelar upacara maperani. Dimana upacara ini juga dihadiri undangan dari pemerintah provinsi bali dan daerah kabupaten bangli serta undangan lainnya.

Dimana prosesi meperani diawali dengan laporan ketua panitia karya terkait biaya karya, pendapatan punia dan perosesi karya yang sudah berjalan. Kemudian prosesi dilanjutkan dengan tari baris dan yang unik yakni prosesi matiti suara yang dilakukan oleh pengemong pura tuluk biyu jero penyarikan alitan.

Setelah sejumlah rangkaian acara tersebut, warga melakukan persembahyangan bersama di natar pura tuluk biyu dan dilanjutkan dengan panyineban ida betara, betari dan arcalingga yang ada  di pura tuluk biyu batur.

Terlaksananya upacara prosesi maperani ini warga berharap agar ida betara betari menganugrahkan keselamatan, kemakmuran kepada semua warga batur serta umat hindu di bali dan alam semesta.

 

#puratulukbiyubatur #maperani #bangli




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x