Kompas TV regional berita daerah

Kebudayaan Lokal Hiasi Pembukaan Festival Danau Poso

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 19:01 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO. KOMPAS.TV - Pertunjukan seni dan budaya lokal masyarakat Sulawesi Tengah, hiasi pembukaan festival danau Poso tahun ini. Rencananya festival tertua di Sulawesi Tengah ini akan berlangsung selama tiga hari.

Dikemas dengan konsep yang yang baik, pembukaan festival danau poso ke 22, pada tahun 2022 ini berlangsung meriah. Acara dibuka dengan pertunjukan tarian daerah suku Pamona yang berada di Tentena Poso yang dibawakan oleh siswa siswi tentena dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat sekolah menengah atas.  Sebanyak 350 siswa yang terlibat dalam tarian daerah tersebut.

Tidak hanya pertunjukan tari, berbagai kesenian juga ditampilkan dalam pembukaan festival danau Poso tahun ini. seperti pertunjukan baju adat dari 13 kabupaten dan satu kota yang berada di Sulawesi Tengah.

Dalam pembukaan festival ini, tidak hanya wisatawan lokal yang hadir, wisatawan mancanegarapun ikut hadir, bahkan menggunakan baju adat suku Pamona.

Beberapa kegiatan lainnya juga akan dilaksanakan, diantaranya pencatatan rekor Muri dengan memasak nasi bambu atau masyarakat Poso menyebutnya dengan nama Inuyu. Selain menonjolkan seni dan budaya, festival danau Poso juga menonjolkan beberapa objek wisata yang menarik, diantaranya patung megalitikum .

#FestivalDanauPoso #KeseniandanBudaya #KabupatenPoso




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x