Kompas TV regional berita daerah

Pesona Modoinding Potato Festival Daya Tarik Agrowisata Baru

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 09:25 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA SELATAN. KOMPASTV. Guna mengangkat potensi wisata daerah pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan bersama warga gereja di Kecamatan Modoinding menggelar festival kentang atau dikenal Modoinding Potato Festival. Even pariwisata lokal yang sudah ketujuh kali digelar ini berlangsung tiga hari 19 hingga 22 Oktober 2022. Acara puncak even modoinding potato festival  berlangsung meriah dengan pertunjukan karnaval kendaraan hias dengan bahan utama komoditi kentang dan beragam holtikultura lainya.


Even modoinding potato Festival atau Festival Kentang Modoinding tahun 2022 ini  adalah even yang ketujuh kali atau pertama kali digelar pasca pandemi covid-19.

Meski belum masuk dalam kalender pariwisata nasional namun modoinding potato festival memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Ditahun ini, festival kentang diprakarsai oleh unsur organisasi gereja yakni Pria Kaum Bapa Jemaat Sion Pinasungkulan, Modoinding.


Puncak kegiatan  Modoinding Potato Festival diawali ibadah syukur bersama pemerintah daerah kabupaten minahasa selatan  dengan  masyarakat setempat.

Usai ibadah kemudian dilanjutakan dengan karnaval kendaraan hias. Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar mengawali pelepasan karnaval kendaraan hias dan diikuti jajaran forkompimda.


Sebanyak 61 kendaraan hias menjadi peserta karnaval. Mereka adalah perwakilan unsur gereja, pemerintah desa, sekolah, bumn,  kelompok tani binaan projek upland, serta perwakilan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.


Setiap kendaraan memiliki daya tarik tersendiri karena dihias dengan beragam motif dengan bahan utama komoditi kentang. Karnaval kendaraan hias mengitari sejumlah desa di kecamatan modoinding dan finish kembali di depan panggung kehormatan.


Ribuan warga baik pengunjung dan warga setempat sangat antusias menikmati festival kentang ini. Apalagi sesuai dengan tema festival tahun ini "modoinding berbagi berkat", diakhir parade, warga khususnya pengunjung dibiarkan untuk mengambil semua komoditi yang dipajang di kendaraan hias.tak hanya itu, berbagai komoditi  yang dilepas di depan panggung kehormatan,  dibiarkan pihak panitia  untuk diperebutkan  pengunjung. Wargapun berebutan sambil  mengumpulkan semua bahan yang didapat untuk di bawa pulang.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan berharap modoinding potato festival nantinya akan menjadi bagian dari kalender pariwisata nasional.

Selain karnaval kendaraan hias,  Modoinding Potato Festival juga diiisi dengan berbagai even lainnya seperti lomba kuliner dan pameran umkm dengan bahan dasar komoditi kentang.

#modoindingpotatofestival #kompastvmanado

Donny Aray Kompastv Minahasa Selatan Sulawesi Utara

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x