Kompas TV regional berita daerah

Bangganya Rektor UGM Saat Mewisuda Putri Sulung ber-IPK 4, Enggak Main-main Dapat 2 Gelar Sekaligus

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 17:26 WIB
bangganya-rektor-ugm-saat-mewisuda-putri-sulung-ber-ipk-4-enggak-main-main-dapat-2-gelar-sekaligus
tangkapan layar Rektor UGM Ova Emilia mewisuda sendiri putri sulungnya He Yeon Asva Nafaisa. (Sumber: Kompas.com/ Yustinus Wijaya Kusuma)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ada pemandangan tidak biasa dalam acara wisuda program pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) periode I tahun akademik 2022/2023 yang berlangsung Rabu (26/10/2022) di Grha Sabha Pramana UGM.

Rektor UGM Ova Emilia ternyata mewisuda sendiri putri sulungnya yang bernama He Yeon Asva Nafaisa.

Ova mengalungkan samir ke leher Asva. Pada kesempatan itu, Asva juga mencium tangan Ova.

“Ini kebetulan yang menyenangkan, anak saya dapat nilai baik, jadi IPK-nya 4,” ujar Ova, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/10/2022).

Rektor UGM merasa bahagia dan terharu. Selama mengemban tugas sebagai rektor UGM, Ova sudah beberapa kali mewisuda mahasiswa. Namun, baru kali ini dia merasakan hal yang berbeda.

"Ya, yang jelas bahagia ya, terharu. Ya nano nano-lah. Ya bahagia, ya terharu, ya bangga. Dan saya kira itu bukti kemandirian anak," ucapnya.

Baca Juga: Klarifikasi soal Ijazah Palsu Presiden Jokowi, Rektor UGM: Bentuk Tanggung Jawab Institusi

Dapat 2 gelar sekaligus

He Yeon Asva Nafaisa merupakan wisudawan dari Program Studi Dermatologi dan Venereologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan yang lulus dengan IPK 4,00 sekaligus berpredikat Pujian.

Ia mendapat dua gelar sekaligus selama mengenyam pendidikan di UGM, yakni spesialis dermatologi dan venereologi atau spesialis kulit dan kelamin.

Selain itu, juga gelar S2 Kedokteran Klinik.  Asva mengambil program combined degree sehingga bisa menyelesaikan S2 juga dapat spesialis.

Ova mengaku tidak pernah memaksakan keinginannya terhadap anak-anaknya, termasuk Asva.

Di mata Ova, Asva sejak awal rajin dan senang belajar juga mandiri. Bahkan, ia tidak pernah memaksa anaknya mengikuti les sejak duduk di bangku sekolah.


“Pilihan jadi dokter yak arena passion-nya di situ,” kata Ova.

Ada dua hal lain yang ditekankan Ova Emilia sebagai orangtua terhadap semua anaknya dalam menjalani kehidupan. Pertama adalah menjunjung tinggi kejujuran dan kedua, disiplin waktu.

Baca Juga: Lengkap! Pernyataan Resmi Rektor UGM Soal Dugaan Ijazah Palsu Presiden Jokowi

Dalam kesempatan itu, wisuda UGM diikuti 1.362 lulusan Program Magister (S2), termasuk 7 wisudawan Warga Negara Asing; 87 lulusan Program Spesialis; 17 lulusan Program Subspesialis; dan 103 lulusan Program Doktor (S3), termasuk 2 wisudawan dari Warga Negara Asing.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x