Kompas TV regional berita daerah

Tiga Bunga Menyerupai Bunga Bangkai Tumbuh Di Lahan Sengon

Kompas.tv - 3 November 2022, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Tiga bunga yang mirip bunga bangkai tumbuh di lahan sengon milik warga di Jember, Jawa Timur. Kemunculan bunga ini sempat menghebohkan warga karena mengeluarkan bau menyengat seperti bangkai, yang awalnya dikira bangkai tikus.

Warga lingkungan Kauman, Lelurahan Muktisari, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur, dihebohkan dengan bau busuk mirip bangkai yang berasal dari lahan sengon.

Tiga buah bunga yang tumbuh subur dan mekar berwarna kecoklatan ini tersebar di tiga titik, yang awalnya disangka bau bangkai tikus.

Namun, saat didatangi ternyata bau busuk tersebut ditimbulkan dari bunga yang mirip bunga bangkai.

Kabar bunga bangkai tumbuh subur di lahan sengon, mengundang sejumlah warga untuk datang melihat secara langsung meski harus merasakan bau menyengat seperti bangkai.

Bunga ini sudah tumbuh sekitar tiga hari dan sempat membuat warga setempat heboh, meski pada akhirnya kemunculan bunga tersebut dianggap wajar.

Dari ilmu Botani yang mempelajari tentang tumbuh tumbuhan, bunga tersebut bukanlah bunga bangkai atau raflesia, namun dikenal dengan tanaman bunga suwek atau iles iles, sejenis tanaman umbi umbian yang tertanam dan akan tumbuh dalam kondisi basah.

Warga diimbau tidak khawatir dengan kemunculan bunga yang mengeluarkan bau busuk seperti bangkai, karena bunga tersebut kerap tumbuh di masa pergantian musim panas menuju musim hujan.

#beritajember
#bungabangkai
#ilesiles
#bunga
#raflesia




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x