Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Dan TNI POLRI Siap Ajak Warga Kembali Ke Kiwirok

Kompas.tv - 7 November 2022, 18:03 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

PEGUNUNGAN BINTANG, KOMPAS.TV - Kiwirok merupakan salah satu distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang yang sudah satu tahun terakhir sepi penghuni. Daerah ini beberapa kali di serangan kelompok separatis teroris, hingga sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, perkantoran bahkan rumah warga rusak.

Padahal potensi sumber daya alam di Kiwirok sangatlah menjanjikan, namun sayangnya pembangunan harus terhambat akibat gangguan kelompok separatis teroris, hingga membuat warga masih trauma dan enggan untuk kembali menjalankan aktivitas seperti biasanya. 

Semenjak kejadian satu tahun lalu, distrik Kiwirok hanya dihuni aparat gabungan TNI POLRI, yang masih setia bertahan di sejumlah pos penjagaan untuk berusaha menghidupkan kembali daerah ini.

Komandan Korem 172/PWY, Brigjen Tni Juinta Omboh, sembiring prihatin, saat berkunjung untuk memantau situasi di distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang Papua, yang sudah tidak lagi memiliki fasilitas umum seperti bangunan sekolah, fasilitas kesehatan dan perkantoran.

Saat ini pemerintah serta TNI POLRI tengah berupaya mengembalikan ratusan warga, dan menghidupkan kembali daerah ini, dengan berupaya menyuplai sejumlah bantuan yang dibutuhkan warga, sekaligus memberikan jaminan keamanan bagi mereka, mengingat daerah ini masih dihuni kelompok separatis teroris.

Aparat menghimbau kepada kelompok separatis pimpinan, Lamek Taplo, untuk menghentikan aksi kekerasan dan mendukung pemulangan warga, agar aktivitas pelayanan kesehatan pendidikan, dan ekonomi bisa kembali normal, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x