Kompas TV regional berita daerah

Bertemu Bupati Hendy, Djalal Minta Kesetaraan Pembagian Fiskal Pusat-Daerah Diperjuangkan (3)

Kompas.tv - 10 November 2022, 12:42 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Bupati Jember Jawa Timur periode 2005 – 2015, MZA Djalal meminta Bupati Jember saat ini, Hendy Siswanto untuk memperjuangan kesetaraan dalam pembagian fiskal antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah.

Hal itu disampaikan Djalal saat menjadi pembicara bersama Hendy Siswanto pada acara talkshow yang tayang di Kompas TV Jember, pada Rabu (9/11/2022). Djalal menyebut ada ketidakadilan antara pusat dan daerah, terutama soal alokasi APBD dari pusat untuk Jember serta pembagian pajak kendaraan bermotor antara Pemkab Jember dan Pemprov Jatim.

“Sekarang APDD Jember, katakan 4 triliun, dari PAD 1 Triliun, dari pusat 3 triliun, mestinya dari pusat 10 triliun. Kemudian pembagian pajak kendaraan bermotor, kita hanya mendapatkan 20 persen, yang 80 persen miliknya Gubernur (Pemprov Jatim). Mestinya 50:50, karena tanggung jawab untuk mengangkat harkat martabat rakyat Jember ada di pundak Bupati. Ini harus diperjuangkan, saya sudah memperjuangkan dulu selama 10 tahun, tapi tidak berhasil,” pinta Djalal.

Kemudian Djalal juga meminta agar Bupati Jember saat ini juga memperjuangkan pembagian hasil perkebunan di Jember, karena selama ini hasil perkebunan milik PTPN masuk ke pemerintah pusat semuanya.

“Kita ini sepertinya kayak dijajah oleh VOC zaman dulu, potensinya luar biasa, mestinya hasil PTP itu masuk juga ke kas daerah, untuk (kesejahteraan) masyarakat, karena kita bikin akses jalan di lingkungan perkebunan, kita bangun penerangan, sekolah dan puskesmas di lingkungan perkebunan, tapi faktanya kita gak dapat apa-apa dari hasil kebun,” terang Djalal.

Djalal mengaku sudah protes ke pemerintah pusat, yang saat ini Menteri BUMNnya Dahlan Iskan, namun tidak didengarkan. Djalal juga berharap agar lahan Bandara Notohadinegoro yang berada di lahan milik PTPN agar diserahkan saja ke Pemkab Jember.

Baca Juga: Hendy dan Djalal Jadi Pembicara di Acara Dialog Kompas TV Jember, Keduanya Saling Memuji (1)

Hendy Siswanto membenarkan pernyataan Djalal soal ketidakadilan tersebut. Selanjutnya Hendy akan meneruskan perjuangan Djalal agar ada kesetaraan pembagian fiskal dan alokasi APBD dari pemerintah pusat.

“Apa yang disampaikan Pak Djalal itu benar dan kami sedang berjuang ke arah sana, kebetulan saya juga sebagai koordinator wilayah APKASI Jawa Timur, hal itu sudah saya teruskan (sampaikan) ke APKASI pusat untuk ditindaklanjuti,” terang Hendy Siswanto.

Baca Juga: Program MZA Djalal Banyak Menginspirasi Hendy Siswanto, Mulai BBJ Hingga JSG (2)

 

#APBD #Fiskal #PemkabJember #PemerintahPusat

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x