Kompas TV regional berita daerah

Reward Berhenti Merokok Menghiasi Momen Peringatan HKN ke-58 di Kota Solok

Kompas.tv - 12 November 2022, 11:23 WIB
reward-berhenti-merokok-menghiasi-momen-peringatan-hkn-ke-58-di-kota-solok
Reward Berhenti Merokok Menghiasi Momen Peringatan HKN ke-58 di Kota Solok (Sumber: -)
Penulis : KompasTV Riau

Solok, – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 di Kota Solok dihiasi dengan pemberian reward berhenti merokok, serta penyerahan hadiah dan penghargaan kepada Kader Posyandu Kota Solok yang berprestasi.

Penghargaan dan reward itu diserahkan lansung oleh walikota Solok, H. Zul Elfian Umar selepas upacara HKN ke-58, Jumat, 11 November 2022, di lapangan upacara Kantor Balai Kota Solok.

Reward berhenti merokok diserahkan kepada dua orang warga Kelurahan Nan Balimo atas nama Lepitri dan Martinus, serta kepada warga Kelurahan Laing, atas nama Rio Ananda.

Pemerintah Kota Solok memberikan insentif Rp750 ribu kepada warga yang mau berhenti merokok. Insentif tersebut diharapkan bisa memotivasi warga Kota Solok untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Program ini dikendalikan dan dikelola oleh Dinas Kesehatan Kota Solok, sehingga aturan yang berlaku juga didukung dengan pembuktian secara medis. Selain itu juga telah disiapkan salah satu Puskesmas sebagai klinik berhenti merokok.

Wako Zul Elfian Umar mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk membeli rokok setiap bulan sangat tinggi, bahkan berada satu tingkat di bawah kebutuhan pangan.

Dari hasil survey BPS, diketahui bahwa rokok masih menjadi komoditas penyumbang kemiskinan terbesar kedua di Sumbar. Temuan tersebut menunjukkan bahwa tantangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dari kalangan keluarga miskin, adalah mengurangi konsumsi rokok.

Pada momen peringatan HKN ke-58 ini juga diberikan penghargaan untuk Kader Posyandu Berprestasi. Penghargaan tertinggi diberikan kepada Ramadona yang telah berhasil meraih juara pertama lomba kader berpretasi tingkat kota Solok. Ramadona merupakan Kader Posyandu Wijaya Kusuma VII Kelurahan Tanjung Paku.

Penghargan juga diberikan kepada juara dua atas nama Arie Surya Ningsih yang merupakan Kader Flamboyan IV kelurahan Kampung Jawa, dan kepada juara tiga atas nama Afrida Yeni Kader Berprestasi Posyandu Dahlia I Kelurahan KTK.

Dalam upacara HKN ke-58 di Kota Solok, Wako Zul Elfian Umar bertindak sebagai Inspektur upacara. Upacara turut diikuti oleh Asisten I Sekda Kota Solok, Nova Elfino, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Elvi Rosanti, seluruh kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Solok beserta jajaran.

Pada kegiatan itu, Walikota Solok diamanatkan untuk membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. HKN ke-58 tahun 2022 mengangkat tema “Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku”.

Dipilihnya tema itu memberikan sebuah gambaran pada semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia, yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19, dan dari keberhasilan upaya yang dilakukan, masyarakat lndonesia kembali dapat beraktivitas sebagaimana sebelumnya



Sumber : Kompas tv riau



BERITA LAINNYA



Close Ads x