Kompas TV regional agama

PT Agincourt Resources Tekan Angka Kebutaan Lewat Operasi Katarak Gratis

Kompas.tv - 12 November 2022, 20:17 WIB
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - PT Agincourt Resources (PTAR) pengelola Tambang Emas Martabe, yang berkomitmen menuntaskan kebutaan akibat katarak, kembali melaksanakan putaran kedua operasi katarak di Kota Medan, Sabtu (12/11) di Rumah Sakit Khusus Mata Mencirim 77.

Dari hasil survei Kementerian Kesehatan Tahun 2014-2016, angka kebutaan di Indonesia mencapai 3 persen,  di mana 81 persen kebutaan pada masyarakat disebabkan oleh penyakit katarak. 

Melalui program operasi katarak gratis yang menjadi agenda tahunan PTAR, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemandirian masyarakat. Sebab terbebas dari buta katarak, dapat meningkatkan kualitas hidup dengan lebih produktif.

Bekerja sama dengan RS Khusus Mata Mencirim 77, operasi katarak yang diselenggarakan ini menggunakan metode Small Incision Cataract Surgery (SICS). Dengan metode operasi ini, waktu yang dibutuhkan lebih cepat, aman, dan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Ori Maitara, pasien asal Kota Medan merasa sangat terbantu melalui program operasi katarak gratis PTAR. Ori mengaku masih dapat bekerja dan berkegiatan tanpa bantuan orang lain, sebab penyakit katarak yang dideritanya masih baru, sekitaran 8 bulan. 

Ori memutuskan untuk mengikuti operasi, karena khawatir apabila pandangannya yang mulai kabur dan berkabut, apabila dibiarkan akan semakin parah. Ori mengaku proses operasi singkat dan menggunakan teknologi terbaru. Dia berharap operasi gratis ini dapat lebih menjangkau masyarakat luas.

Atik, seorang ibu rumah tangga yang menjadi peserta operasi gratis, mengalami kebutaan di kedua matanya akibat katarak. Penyakit katarak yang dideritanya awalnya tidak terlalu mengganggu, namun  semakin hari kian parah, hingga menyebabkan kebutaan. Atik dalam kesehariannya sangat tergantung pada keluarganya akibat tidak bisa melihat. Profesinya sebagai juru masak pun tidak bisa dilanjutkannya.

Ati berharap dengan adanya program operasi katarak gratis ini, dapat kembali melihat dengan jelas, sehingga bisa mandiri dan tidak menyulitkan keluarga, serta dapat kembali bekerja membantu perekonomian keluarga. 

Total jumlah mata yang berhasil dioperasi pada putaran kedua berjumlah 101 mata. Berikutnya, Agincourt Resources akan mengadakan operasi katarak di RS Khusus Mata Mencirim 77 Medan pada 23 November 2022.

Sebelum menggelar operasi katarak di Medan, PT Agincourt Resources telah menggelar 4 kali operasi katarak gratis di RS Bhayangkara Batangtoru, Tapanuli Selatan. Sebanyak 525 mata katarak berhasil disembuhkan. (*)




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x