Kompas TV regional berita daerah

Agar Lestari Wayang Golek Perlu Inovasi

Kompas.tv - 16 November 2022, 14:10 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Saudara beragam inovasi dapat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi kesenian wayang golek di era digitalisasi saat ini, seperti yang dilakukan oleh grup wayanggolek putu giriharja 2. Selain menggabungkan cerita wayang konvensional dengan cerita masa kini, penggunaan efek suara serta smoke gun membuat pertunjukan wayang lebih kekinian.

Dengan lakon pindah ka ikn  kelompok seniman wayang golek putu giriharja 2, memadukan cerita wayang konvensional dengan diselingi cerita masa kini. lni menjadi bagian dari strategi agar pertunjukan wayang golek tetap diminati para penonton khususnya generasi milenial.

Tak hanya menyuguhkan cerita segar yang kekinian pemilihan bahasa yang komunikatif sebagai penghubung dengan penonton menjadi inovasi yang terus dikembangkan seniman wayang golek. Penggunaan efek suara dan smoke gun  menambah dramatisasi pertunjukan wayang golek.

Selain menyuguhkan hiburan kesenian wayang golek juga diyakini dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan positif.

Menggabungkan cerita pewayangan konvensional dengan cerita masa kini, mendapat apresiasi dari seniman patung ternama tanah air nyoman nuarta, yang sengaja mengundang khusus  pertunjukan wayang golek di kediamannya.

Melestarikan kesenian wayang golek tak hanya peran dari para seniman wayang golek untuk terus berinovasi, namun juga dibutuhkan  dukungan dari berbagai pihak seperti penanggap wayang, atau yang mengundang pertunjukan wayang itu sendiri.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah . IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw..

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/346225/...

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x