Kompas TV regional kriminal

Dugaan Penculikan Anak di Jakarta Pusat, Ayah Lihat dan Biarkan Putrinya Dibawa Pelaku karena Kenal

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 07:30 WIB
dugaan-penculikan-anak-di-jakarta-pusat-ayah-lihat-dan-biarkan-putrinya-dibawa-pelaku-karena-kenal
Rekaman CCTV yang menunjukkan terduga pelaku membawa anak perempuan berusia 6 tahun berjalan menuju bajaj yang terparkir di Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ibu korban dugaan penculikan anak di Jakarta Pusat, Oni, menceritakan, suaminya melihat anak perempuannya yang berusia 6 tahun dibawa terduga pelaku, namun membiarkannya karena sudah kenal.

Oni menceritakan, pada 7 Desember 2022, anak sulungnya yang sedang menjaga warung di Sawah Besar, Jakarta Pusat, melihat sang adik ikut terduga pelaku naik bajaj dan melaporkannya kepada sang ayah.

"Suami saya bilang, 'Paling beli ayam (fried) chicken, nanti juga pulang. Kan biasanya seperti itu,'" kata Oni menirukan perkataan suaminya dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Sabtu (17/12/2022).

Oni menjelaskan, terduga pelaku dan keluarganya sudah saling mengenal. 

Terduga pelaku dikenal sebagai pemulung atau manusia gerobak.

Baca Juga: Anak Perempuan 6 Tahun di Gunung Sahari Jakpus Diculik Pakai Bajaj, Polisi Buru Pelaku

Oni mengatakan, setelah dibawa oleh terduga pelaku pada Rabu (7/12/2022) siang, anak perempuannya itu tak kunjung pulang hingga sore hari. 

Ia pun meminta suaminya untuk mencari keberadaan anak mereka, namun hasilnya nihil.

Oni pun melaporkan dugaan penculikan itu kepada polisi dua hari kemudian, pada 9 Desember 2022.

Ia juga membawa bukti rekaman CCTV di sekitar rumahnya untuk diberikan kepada polisi.


Berdasarkan rekaman CCTV teserbut, anak perempuan Oni terlihat berjalan mengikuti terduga pelaku yang membawa sebuah kantong plastik ke arah bajaj berwarna biru yang sudah terparkir.

Terduga pelaku yang mengenakan topi dan pakaian berwarna gelap itu lantas membukakan pintu bajaj untuk sang anak. Tak lama kemudian, bajaj melaju pergi.

Kapolsek Sawah Besar AKP Patar Mula Bona membenarkan peristiwa dugaan penculikan anak perempuan di kawasan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat tersebut.

"Iya, kejadian tanggal 7 Desember 2022. Keluarga korban kemudian datang ke Polres Jakarta Pusat melaporkan kehilangan anaknya tanggal 9," ujar Patar, Sabtu (17/12/2022), dilansir dari Kompas.com.

Ia menyebut, polisi masih memeriksa rekaman kamera CCTV dan meminta keterangan dari beberapa saksi yang ada di lokasi. 

Baca Juga: Kronologi Anak Perempuan 6 Tahun Diculik Pakai Bajaj di Jakpus, Ibu: Diajak Beli Ayam

"Ya sekarang sedang ditelusuri dari pihak Satreskrim Polres bersama dengan Unit Polsek. Sedang melakukan pendalaman terkait dengan peristiwa tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus penculikan anak tersebut. 

"Masih didalami. Kami sedang mengembangkan dari tayangan CCTV yang ada," kata Komarudin.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x