Kompas TV regional berita daerah

Deklarasi Aceh Sebagai Pusat Kota Kreatif

Kompas.tv - 27 Desember 2022, 14:38 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Pada Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh, Yayasan Aceh Bergerak multi platform bersama dengan ratusan sineas muda di Aceh melakukan doa bersama untuk para korban dari musibah gempa dan bencana tsunami. 

Selain doa bersama 22 film hasil karya putra – putri aceh yang di produksi dalam kurun tahun 2022, diputar untuk pertama kali pada Peringatan Tsunami tahun ini. Setidaknya ratusan penonton memadati indoor Taman Budaya untuk menyaksikan film karya Sineas Aceh.

Selanjutnya para pelaku industri kreatif dari berbagai lintas sektor juga melakukan deklarasi bersama, secara sepakat menyatakan aceh sebagai pusat kota kreatif.

Sesudah Deklarasi Kota Kreatif dilanjutkan dengan pemutaran gala premiere film yang berjudul Yasmin satu dari 18 film karya Sineas Aceh. Film fiksi Yasmin ini bercerita tentang diplomasi Budaya Aceh. Dengan lahirnya beragam karya film ini masyarakat Aceh meminta pemerintah untuk menghidupkan kembali bioskop di kota Banda Aceh agar semua hasil produksi karya sineas bisa diputar dan ditonton banyak orang. 

Animo penonton juga begitu tinggi untuk menyaksikan laga Premier Film Yasmin, mereka berharap agar film ini bisa diproduksi untuk episode kedua. Kegiatan nonton dan doa bersama untuk korban Tsunami sudah berlansung dari tanggal 24 sampai 25 Desember.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x