Kompas TV regional berita daerah

Pembalakan Liar di Waduk Jatibarang, Diduga Ada Disposisi dari BBWS Pemali Juana

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 14:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sekelompok orang yang memegang surat disposisi dari Kepala Balai Besar wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana melakukan penebangan pohon jenis sengon di area sabuk hijau Waduk Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Unit Pengelola Bendungan Jatibarang Hendrawati, pihak BBWS tidak mengeluarkan surat apapun yang memperbolehkan penebangan pohon di wilayah sabuk hijau Waduk Jatibarang. Oleh karena itu, aksi penebangan liar ini kemudian dilaporkan ke Polrestabes Semarang.

“Tidak ada satupun dari pihak BBWS yang mengeluarkan surat izin dalam bentuk apapun yang memperbolehkan penebangan itu, ”ujar Hendrawati. 

Aksi pembalakan liar ini membuat warga sekitar was-was dan khawatir akan dampak kedepannya,  termasuk ancaman tanah longsor yang bisa terjadi.

“Saya khawatir, masalahnya mungkin nanti dapat terjadi longsor,”kata Widodo, kelompok petani Desa Kandri, Kabupaten Gunungpati, Kota Semarang.

Saat aksi penebangan berlangsung, warga sempat berusaha mencegah, namun pihak penebang mengeluarkan surat disposisi yang diduga dikeluarkan oleh pihak BBWS Pemali Juana. Dalam aksi pembalakan liar ini, setidaknya Polrestabes Semarang telah mengamankan 15 orang yang diduga terlibat. 

#penebanganliar #wadukjatibarang #semarang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x