Kompas TV regional berita daerah

Jelang Imlek TNI, Polri, dan Ormas Bersih-bersih Kelenteng Tin An Bio

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 13:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Anggota TNI dari Kodim 0711 Pemalang, Polsek Comal, Ormas, serta pemerintah desa dan kecamatan pada Jumat (20/1/2023) pagi bekerjasama membersihkan tiap sudut bangunan Kelenteng Tin An Bio, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Mereka saling berbagi tugas, dari mulai menyapu lantai kelenteng, membersihkan debu di tembok, sampai membersihkan altar yang berisi patung dewa.

Bersih-bersih kelenteng ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun menjelang Perayaan Imlek dengan tujuan agar umat Konghucu dapat beribadah dengan aman, nyaman, dan khusyuk pada tanggal 22 Januari.

“Umat Konghucu yang akan melaksanakan ibadah bisa aman, tenang, dan khusuk,”ujar Kapten Arm Andumiyanta, koordinator kegiatan.

Adanya bersih-bersih kelenteng oleh berbagai unsur ini disambut baik oleh Bambang Sutjipto, pengurus Kelenteng Ten An Bio. Pasalnya, sebagai agama minoritas, umat Konghucu merasa diperhatikan oleh semua kalangan, termasuk TNI, Polri, Ormas, dan seluruh masyarakat.

“Ini akan memicu atau memacu seluruh jajaran masyarakat agar selalu mengedepankan persatuan, kesatuan, kerukunan,”kata Bambang Sutjipto.

Berdasarkan kalender Cina, di tahun 2023 sendiri merupakan tahun kelinci air yang melambangkan arti kemakmuran dan keberuntungan yang harus didukung dengan kerja keras agar bisa terwujud.

#imlek #pemalang #kelentengtinanbio



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x