Kompas TV regional berita daerah

Serba-Serbi Perayaan Imlek di Jawa Tengah

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 15:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV – Sejumlah daerah di Jawa Tengah merayakan Perayaan Tahun Baru Imlek dengan cara yang beragam, seperti tradisi basuh kaki yang dilakukan sebelum Tahun Baru Imlek di Kota Semarang dan ibadah malam Imlek yang berlangsung dengan penuh khidmat di Kota Solo, Jawa Tengah.

Di Kota Semarang terdapat tradisi basuh kaki orang tua yang dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa di Gedung Rasa Dharma atau Perkumpulan Boen Hiang Tiong, kawasan Pecinan, Kota Semarang. Prosesi basuh kaki ini dimulai dengan orang tua duduk di kursi, sementara anaknya bersimpuh di bawahnya. Kemudian, secara perlahan anak membasuh kaki orang tua menggunakan air dalam baskom. Setelah bersih, kedua kaki orang tua dikeringkan dengan handuk kecil dengan gerakan lembut dan penuh perasaan kasih sayang. Tradisi basuh kaki ini diakhiri dengan anak memberi minum teh kepada orang tua. Tradisi ini digelar untuk mengingatkan kembali intisari dari Imlek yaitu fokus pada keluarga di mana jasa orang tua harus dihargai selamanya dan kegiatan ini juga merupakan wujud bakti dalam ajaran Konghucu.

Sementara itu,di sekitar Klenteng Tien Kok Sie, Kota Solo, Jawa Tengah pada malam Tahun Baru Imlek, warga ikut menikmati suasana perayaan Imlek di luar kelenteng. Sementara itu, jemaat berdoa dengan khusyuk di dalam kelenteng. Kelenteng Tien Kok Sie merupakan kelenteng tertua di Kota Solo, Jawa Tengah sehingga banyak umat yang datang untuk memanjatkan doa serta memohon kesuksesan di tahun yang baru.  

Kemudian, warga Sarigunan, Kelurahan Sragen Wetan, Kecamatan Sragen Kota, Jawa Tengah, Lie Kim Yung dan keluarganya berdoa dan menghormati para leluhur pada momentum perayaan Tahun Baru Imlek setelah dua tahun terakhir hanya merayakan secara terbatas akibat pandemi Covid-19. Menurut Lie Kim Yung, perayaan setahun sekali ini akan menjadi waktu untuk berkumpul keluarga, saling berbagi, makan bersama serta menjaga kerukunan dan persaudaraan dengan warga lingkungan sekitar.

Selanjutnya, perayaan Tahun Baru Imlek 2574 yang digelar di lokasi wisata Sam Poo Kong berlangsung meriah. Ribuan penonton yang datang dari berbagai penjuru Semarang dan kota lainnya langsung memadati depan panggung pertunjukan hiburan barongsai. Hiburan perayaan Imlek yang dikemas dalam Imlek Vaganza ke-3 di Sam Poo Kong ini dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dengan ditandai memukul tabuhan barongsai. Selain mendapat suguhan hiburan barongsai, pengunjung juga mendapatkan kue keranjang khas Imlek yang dibagikan langsung oleh Plt Wali Kota Semarang dan pengurus Kelenteng Sam Poo Kong.

#imlek #kelenteng #barongsai



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x