Kompas TV regional berita daerah

Jaga Tradisi, Sekolah di Semarang Rayakan Cap Go Meh

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 13:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV – Dengan lihai, dua barongsai berkepala kelinci menghibur siswa-siswi sekolah, mulai dari tingkat TK, SD, hingga SMP. Para siswa di Kota Semarang, Jawa Tengah terlihat antusias menyaksikan pertunjukan di halaman sekolah.

Selain barongsai, rangkaian acara Cap Go Meh juga diisi dengan paduan suara. Para siswa semakin bergembira dengan adanya pembagian angpao dan makan moci wijen bersama.

“Dalam rangka kegiatan rutin tiap tahun yang kita adakan untuk menyambut Cap Go Meh. Jadi untuk anak-anak supaya mereka juga senang bisa mengerti tentang tradisi ini, ”ujar Lie Pu Hwa, sie Pendidikan Sekolah Kuncup Melati.

Merayakan Cap Go Meh belum lengkap rasanya tanpa menikmati sajian lontong Cap Go Meh. Kudapan yang terdiri dari lontong, telur, sayuran, dan sambal ati disiram dengan kuah kari merupakan sajian wajib. Setidaknya ada 157 porsi lontong Cap Go Meh yang dibagikan kepada guru dan para siswa.

Lontong Cap Go Meh adalah makanan asimilasi dari budaya Tionghoa dan Jawa. Esensi dari perayaan Cap Go Meh adalah kebersamaan sehingga kehangatan dari acara makan bersama sambil bergembira adalah hal yang ingin dirawat dari tradisi ini.

#capgomeh #barongsai #semarang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x