Kompas TV regional berita daerah

Bulan Bahasa Bali, Pelestari Budaya & Bahasa Bali

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 10:26 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Di Kabupaten Klungkung, Bali, berbagai lomba diadakan di lokasi bersejarah, Kertagosa, seperti lomba menyalin aksara dari latin ke aksara Bali, yang diikuti dari pelajar tingkat sekolah dasar. Kemudian ada juga lomba satua bali dan berbagai perlombaan lainnya.

Salah satu juri lomba menulis aksara Bali, Sinta Oktarini mengatakan, untuk lomba dilihat juga usia dan masa belajar siswa. Biasanya jika peserta adalah siswa SD jadi yang dilombakan adalah tingkat dasarnya, seperti kerapian tulisan, ketepatan penggunaan aksara Bali, serta ketuntasan penulisan yang ditentukan selama dua jam. Dan para pemenang 1, 2,  dan 3, akan mewakili daerah untuk mengikuti lomba di tingkat propinsi.

Kepala Dinas Kebudayaan Klungkung, Ida Bagus Jumpung Oka Wedana  mengatakan,  gelaran Bulan Bahasa Bali tahun ini digelar terbuka dan bervariasi lomba. Pihaknya menempatkan lomba di banyak tempat dengan melibatkan seluruh Penyuluh Bahasa Bali sebagai juri dan mendatangkan juri profesional.

Selain menggugah generasi muda aktif dalam pelestarian aksara dan bahasa Bali, kegiatan ini juga mengajak generasi muda aktif melestarikan budaya adiluhung warisan leluhur.

 

 

 

 

 

 

 

 

#bulanbahasabali  #klungkung    #kerthagosa




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x